8 September 2023 2:59 pm

Ausbildung pakai jasa agen, worth it gak ya?

Ausbildung pakai jasa agen, worth it gak ya?

Ausbildung pakai jasa agen, worth it gak ya?

Banyak banget nih dari teman-teman yang masih bingung dan bertanya-tanya. Worth it gak ya Ausbildung pakai jasa agen? pertanyaan muncul karena sekarang sudah banyak agen-agen yang menawarkan jasa penyaluran Ausbildung. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba menjawab kebingungan teman-teman tentang worth it atau tidak ausbildung pakai jasa agen. Oh iya yang belum mampir ke artikel aku sebelumnya ya tentang sistem kerja dan tahapan mengikutinya, supaya kalian juga jauh lebih paham.
Sebetulnya mau pakai jasa agen atau jalur mandiri itu tergantung dari teman-teman juga. Kalau mau prosesnya yang lebih mudah ya sudah jelas pakai agen, tapi kalau mau menjalani semua prosesnya dari awal sendirian dan ‘ribet’ mengurus administrasi semua sendirian ya jalur mandiri jawabannya. Karena jujur, pergi ke negara Eropa itu banyak banget hal yang harus kalian urus terutama administrasinya dan Jerman merupakan negara yang cukup ketat akan keamanannya.
Langsung saja kita masuk ke pembahasannya, saya akan menjelaskan beberapa alasan kalau worth it menggunakan jasa agen untuk Ausbildung.
  1. Semua hal sudah diurus oleh pihak agen
Kalau teman-teman memilih menggunakan jasa agen, kebanyakan di beberapa situasi semua hal sudah diurus sama agen kalian ya terkecuali belajar bahasa Jermannya. Jadi bisa dibilang untuk hal-hal seperti pembuatan CV, motivation letter kalau menggunakan jasa agen, kalian akan diberikan template untuk pengerjannya yang pastinya akan sangat mempermudah teman-teman semua. Kemudian untuk translate dokumen juga biasanya sudah dibantu oleh pihak agen dengan menerjemahkan langsung beberapa dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, dan akta kelahiran ke penerjemah tersumpah. Sudah pasti hal itu membantu teman-teman banget supaya gak terlalu ribet perihal administrasi di Jerman yang memang tidak lah mudah. Jadi kalian bisa ‘agak’ sedikit santai ya.
2. Sudah memiliki paket all-in-one
Sekarang udah ada beberapa agen yang menyediakan paket all-in-one service. Salah satunya adalah YAIJ. Paket all-in-one maksudnya gimana kak? iya jadi semua hal seperti kursus bahasa, persiapan ujian, translate dokumen, pencarian betrieb, pengurusan visa itu sudah semuanya dibantu oleh pihak agen. Mempermudah banget kan? Jadi kalian tidak perlu lagi repot harus pindah ke beberapa tempat untuk mengurus persiapan dokumen, dan tentunya jauh menjadi lebih praktis
3. Mendapatkan bimbingan
Hal ini sudah sempat saya singgung di artikel sebelumnya, kalau Ausbildung bukan lah program yang mudah karena harus punya mental dan komitmen yang kuat. Ada banyak informasi yang harus kalian ketahui, dan teman-teman belum memiliki informasi yang cukup tentang Jerman serta belum pernah ada pengalaman di Jerman tapi kalian memutuskan ikut Ausbildung, terkadang bisa membuat kalian sedikit pusing atau ‘stress’. Sedangkan kalau kalian pakai jasa agen, hampir semua kebutuhan kalian akan mereka bantu dan kalian juga akan dibimbing. Misalnya kalian punya pertanyaan, bingung, atau mungkin butuh penjelasan terkait rumor-rumor yang beredar kalian bisa langsung konsultasikan ke pihak agen kalian.
4. Ada kenalan atau koneksi
kalau teman-teman pakai jasa agen, ada alumni yang sudah berpengalaman ikut Ausbildung dari agen kalian, dan biasanya akan ada grup yang isinya sesama peserta dan juga para alumninya. Jadi kalian bisa saling bertukar informasi terkait update terbaru Jerman, atau mungkin ada hal yang bikin kalian bingung bisa coba dikomunikasikan melalui grup tersebut. Bisa dibilang kalian akan tergabung ke dalam komunitas Ausbildung kalau kalian menggunakan jasa agen.
5. Pendampingan selama di Jerman
Salah satu hal yang juga sangat penting yang perlu teman-teman ketahui adalah begitu kalian sampai di Jerman dan mulai menjalani program Ausbildung, bukan berarti setelah itu semuanya akan jauh lebih mudah dari sebelumnya. Justru tantangan terbesarnya ada saat kalian di Jerman. Misalnya kalian tiba-tiba mengalami culture shock, mungkin kalian belum tahu apa yang harus kalian lakukan saat sudah sampai di Jerman, atau kalian merasa tidak cocok dengan perusahaannya dan mau pindah perusahaan akan jauh lebih mudah kalau teman-teman pakai jasa agen.
Gimana? sepakat ya teman-teman semua kalau kalian ikut Ausbildung akan sangat worth it melihat banyaknya keuntungan dan kemudahan yang akan kalian dapatkan. Jadi tinggal tugas kalian aja nih untuk memilih agen-agen terpercaya yang ada di Indonesia. Tetap harus cross check terlebih dahulu ya agen yang kalian pilih, jangan sampai salah pilih ya!

Sebelum kalian mengikuti Ausbildung, ada baiknya kalian pahami terlebih dahulu terkait apa itu ausbildung, persyaratan, dan benefitnya di artikel saya berikut ini yaa