13 September 2023 11:10 am

6 Pilihan Bidang Ausbildung

6 Pilihan Bidang Ausbildung

6 Pilihan Bidang Ausbildung


Program Ausbildung merupakan salah satu alternatif bagi semua teman-teman yang punya mimpi kerja di Eropa. Karena kapan lagi bisa kerja di perusahaan Eropa dengan lulusan SMA? Belajar sambil bekerja dapet gaji? Magang di Jerman dan udah difasilitasi tempat tinggal?
Nah teman-teman bisa untuk mengikuti program Ausbildung yang bisa memberikan semua impian kalian. Program Ausbildung bisa diikuti oleh siapapun dan dari mana pun asal kalian. Program Ausbildung ini bertujuan untuk menjadikan teman-teman sebagai tenaga ahli profesional di bidangnya. Sehingga setelah kalian lulus nanti, teman-teman bisa memilih untuk melanjutkan kerja di Jerman atau di negara Eropa lainnya.
Pada artikel sebelumnya, saya sudah sempat membahas mengenai apakah worth it menggunakan jasa agen untuk mengikuti ausbildung. Buat teman-teman yang belum sempat baca, bisa untuk mampir dulu ya ke artikel saya sebelumnya.
Pasti beberapa dari kalian, masih belum ada gambaran kan mau ambil bidang apa? Nah pas banget, sekarang saya akan membahas mengenai beberapa pilihan bidang Ausbildung yang bisa teman-teman ambil. Ini dia beberapa pilihan bidangnya:
  1. Ausbildung Perhotelan
Bagi teman-teman yang memilih program Ausbildung perhotelan akan dididik untuk menjadi tenaga ahli profesional pada bidang perhotelan. Dengan menjadi tenaga ahli profesional di bidang perhotelan, tentunya teman-teman akan belajar dan bekerja di dunia perhotelan. Nantinya teman-teman akan ditempatkan di beberapa divisi yang ada di perhotelan, seperti Housekeeping, Front Office, Manajamen Perhotelan, dan lain-lain.
Selama menjalani Ausbildung perhotelan, kalian akan diajarkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kamar hotel, seperti bagaimana cara melipat selimut, merapikan tempat tidur. Kemudian kalian juga akan diajarkan hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana cara menyajikan makanan dalam acara besar di sebuah hotel.
Jadi bagi teman-teman yang mau belajar lebih jauh tentang seluk beluk dunia perhotelan dan ingin melanjutkan karier ke depannya di perhotelan, boleh banget untuk pilih bidang perhotelan ya!
2. Ausbildung Koki
Kalau teman-teman memilih Ausbildung bidang koki tentunya kalian akan dididik untuk menjadi seorang koki profesional yang sudah berstandar internasional. Selama menjalani Ausbildung koki, nantinya teman-teman akan diajarkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan dapur, mulai dari tata cara mempersiapkan makanan, hingga SOP bekerja di dapur. Kemudian nanti kalian juga akan diajarkan tentang bagaimana cara membuat hidangan lokal maupun internasional, belajar juga tentang berbagai bahan masakan yang digunakan dari buah hingga daging.
Untuk permasalahan gaji, sudah pasti kalian akan diberikan sesuai dengan gaji yang sudah ditetapkan di kontrak kerja kalian. Tapi, kalian juga bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dari yang sudah ditetapkan dengan mendapatkan tip dari customer dan tip itu pun besaranya juga sudah satu kali dari jumlah gaji kalian loh.
Nah kalau kalian mau berkarier di bidang FnB ke depannya, dan mau dapet tip yang jumlahnya menyetarai gaji kalian bisa langsung untuk memilih bidang Ausbildung Koki ya teman-teman!
3. Ausbildung Restoran
Bidang Ausbildung restoran akan mengajarkan teman-teman kalian tentang bagaimana menjadi pemilik restoran dan mengelola restoran yang baik dan profesional. Karena sudah jelas, menjalankan restoran besar tidak sama dengan kalian menjalankan warung makan ya. Kalian akan diajarkan mengenai bagaimana cara agar kalian bisa memberikan pelayanan tamu secara maksimal sehingga pengunjung akan betah menikmati menu hidangan yang disajikan dari restoran kalian.
Selain itu juga restoran juga bisa mengadakan event khusus seperti ulang tahun, pernikahan, dan perayaan lainnya. Untuk memanajemen semua itu tentunya kamu harus belajar dari ahlinya agar semua acara tersebut sukses. Dengan begitu nama restoran akan semakin terkenal karena pelayanan terbaiknya.
Setelah selesai menjalani Ausbildung restoran, kalian bisa melanjutkan karir kalian ke depannya dengan menjadi seorang Manajer Restoran. Seperti salah satu alumni YAIJ tahun 2018, namanya Herr Hadi. Sekarang beliau sudah bekerja secara profesional dengan menjadi Manajer Restoran di Jerman.
4. Ausbildung Perawat
Bagi teman-teman yang bertanya, “kak kalau Ausbildung perawat harus punya background pendidikan di bidang kesehatan ya?” Jawabannya adalah kalian tidak perlu memilki background di bidang kesehatan. Tapi, kalau kalian tidak punya background di bidang kesehatan, di tahun pertama kalian tidak bisa langsung ditempatkan di rumah sakit, kemungkinan akan ditempatkan di sebuah panti jompo atau klinik untuk diajarkan terlebih dahulu basic merawat seorang pasien.
Kemudian kalau kalian dirasa sudah memiliki kemampuan dan knowledge yang banyak di bidang kesehatan, kemungkinan besar kalian akan dipindahkan ke rumah sakit yang ada di Jerman. Selama mengikuti program ini Kamu juga akan belajar mengenai administrasi dalam sebuah klinik hingga rumah sakit. Selain itu juga belajar semua bagian tubuh manusia yang berhubungan dengan penyakit sekaligus pengobatan yang dilakukan.
“kak gaji ausbildung perawat juga harusnya lebih besar dong daripada bidang yang lain?” Yap betul banget teman-teman, tapi jangan dipikir enak ya. Gaji lebih besar juga pasti punya tanggung jawab yang jauh lebih besar juga. Karena tanggung jawabnya besar maka teman-teman juga harus memiliki motivasi yang besar sebelum memilih bidang ini.
Apabila sudah merasa yakin di masa depan setelah lulus Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, klinik, atau bisa juga di fasilitas perawat lainnya.Apabila akan melanjutkan pendidikan maka kalian juga memilih spesialisasi yang bisa dipilih. Contohnya Face Krankenpfleger für Nephrologie yaitu pendidikan untuk menjadi perawat pasien yang memiliki penyakit akut.
5. Ausbildung Admin
Untuk bidang ausbildung admin ini biasanya kalian juga akan ditempatkan di sebuah hotel. Tapi yang berhubungan dengan divisi office perhotelan. Untuk pekerjaannya sendiri di tahun pertama teman-teman bisa di bagian administrasi perhotelan, kemudian tahun kedua teman-teman akan dipindahkan ke bagian marketing perhotelan, dan di tahun ketiga teman-teman akan masuk ke bagian manajemen perhotelan.
Ausbildung admin sendiri sebetulnya agak sedikit berbeda dengan bidang lain, karena biasanya ada permintaan dari pihak perusahaan untuk setidaknya memiliki pengalaman kerja atau pendidikan di bidang manajemen.
6. Ausbildung Teknik
Biasanya memang Ausbildung tidak membutuhkan basic skill di bidang tertentu, tapi untuk ausbildung teknik dibutuhkan pengalaman di bidang teknik jadi agak sulit kalau teman-teman mau mengambil ausbildung teknik tapi belum ada pengalaman kerja atau pendidikan di bidang teknik.
Spesifikasi ausbildung teknik adalah teknik elektro, jadi kalau misalnya teman-teman mau ambil ausbildung teknik selain teknik elektro akan lebih lama prosesnya karena bentuknya akan pengajuan ke perusahaan dan tentunya juga perlu skill sesuai kualifikasi perusahaan.
Jika kalian memilih bidang ini, maka teman-teman akan memperdalam soal servis dan belajar bagaimana cara memperbaiki mesin. Jadi bukan hanya sekedar mengecek saja namun juga agar bisa mengetahui cara mengoperasikan mesin yang masih bisa berfungsi dengan baik.
Nah gimana penjelasan saya terkait pilihan bidang ausbildung? Apakah sudah membantu kebingungan teman-teman? Semoga membantu ya untuk menentukan pilihan bidang ausbildung teman-teman. Untuk pemilihan bidang, harus sesuai dengan keinginan kalian ya dan sesuaikan dengan jenjang karier kalian ke depannya.

Selanjutnya saya akan mengenai rencana setelah selesai Ausbildung. Klik link ntuk ke artikel selanjutnya ya temn-teman.