13 September 2023 3:48 pm

Setelah Selesai Ausbildung Ngapain Ya?

Setelah Selesai Ausbildung Ngapain Ya?

Setelah Selesai Ausbildung Ngapain Ya?

Melalui artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai 6 Pilihan Bidang Ausbildung. Kalau kalian belum sempat baca, boleh langsung klik link untuk baca ke artikel saya sebelumnya ya.

Pasti banyak dari teman-teman yang masih bingung setelah selesai kontrak tiga tahun Aubsildung itu selanjutnya apa ya? Apakah bisa langsung kerja di Jerman? Lanjut kuliah? Atau mungkin langsung pulang aja ke Indonesia? Nah, artikel kali ini saya akan mencoba untuk memberikan gambaran bagi teman-teman semua apa saja yang bisa kalian lakukan setelah selesai ausbildung.

Mengikuti program Ausbildung bukanlah suatu hal yang dijadikan tujuan akhir bagi teman-teman. Tapi ternyata masih banyak pula yang masih kebingungan nanti Setelah Selesai Ausbildung Ngapain Ya? padahal ada banyak loh hal yang bisa teman-teman lakukan ketika kontrak Ausbildung kalian sudah habis.

Sebetulnya ketika program Ausbildung selesai akan ada banyak program yang bisa teman-teman ikuti, tergantung dari tujuan teman-teman seperti apa. Berikut beberapa pilihan yang bisa kalian pilih setelah selesai Ausbildung.
  1. Menjadi Professional Worker
Pilihan ini adalah pilihan yang banyak dilakukan oleh mereka yang sudah menyelesaikan program Ausbildung mereka. Jadi teman-teman bisa lanjut menjadi professional worker di perusahaan tempat kalian menjalani Ausbildung, kalau misalnya perusahaan kalian memutuskan untuk menjadikan kalian sebagai karyawan tetap karena pihak perusahaan merasa sangat puas dengan kinerja kalian selama Ausbildung disana.
Biasanya perusahaan akan menawarkan kontrak kerja yang baru kepada kalian setelah selesai kontrak kerja tiga tahun. Tapi kalau misalnya, pihak perusahaan tidak menawarkan untuk memperpanjang kontrak kalian, teman-teman bisa memilih alternatif untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain yang sesuai dengan skill kalian. Karena teman-teman punya kesempatan yang luas untuk melanjutkan pekerjaan di negara Eropa lain dengan menggunakan sertifikat tenaga ahli profesional yang diberikan perusahaan setelah kalian selesai kontrak Ausbildung.
2. Kuliah di Universitas
Setelah teman-teman selesai Ausbildung, kalian juga berkesempatan untuk lanjut belajar lagi, memperdalam ilmu dan skill kalian lagi yang bisa kalian lakukan dengan lanjut kuliah di Universitas. Biasanya salah satu persyaratan bagi kalian yang sudah selesai Ausbildung dan ingin melanjutkan kuliah di Universitas Jerman adalah jurusan yang kalian ambil untuk kuliah harus sesuai atau berhubungan dengan bidang yang kalian ambil saat mengikuti Ausbildung. Jadi teman-teman juga harus cek dan penuhi persyaratan untuk memenuhi aplikasi di Universitas Jerman, karena tiap Universitas memiliki persyaratan yang berbeda.
Pilihan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas setelah Ausbildung adalah karena mereka berpikir bahwa lebih baik untuk lebih memperdalam knowledge mereka, mau mendapatkan ijazah dari sebuah universitas, karena beberapa hal itu lah biasanya mereka memutuskan untuk lanjut kuliah dahulu sebelum lanjut kerja sebagai profesional.
Bagi teman-teman yang sudah lancar berbahasa Jerman dan memiliki investasi bahasa saat menjalani Ausbildung di Jerman, maka menurut saya bisa melanjutkan kuliah di Jerman, karena kalau kalian belum tahu persyaratan bahasa untuk bisa berkuliah di Jerman membutuhkan level B2 atau bahkan hingga C1.
3. Duales Studium
Mungkin banyak teman-teman yang masih asing dengan istilah ‘Duales Stadium’. Sebetulnya program Duales Studium ini hampir mirip sistemnya dengan Ausbildung. Tapi perbedaannya itu adalah kalau Duales Studium kalian akan belajar di Universitas dan kemudian setelah lulus dari program tersebut kalian akan mendapatkan ijazah yang setara dengan universitas. Jadi kalau misalnya ikut Duales Studium S1 akan mendapatkan ijazah setara dengan S1, atau kalau ikut Duales Studium S2 akan mendapatkan ijazah setara dengan S2. Tapi tetap harus cek terlebih dahulu persyaratan dari pihak Universitasnya. Karena ada beberapa Universitas yang memberikan persyaratan bahwa harus memiliki pengalaman bekerja secara full time dahulu misalnya satu atau dua tahun baru kalian bisa mengikuti program Duales Studium.
Nah itu dia beberapa pilihan hal yang bisa kalian lakukan setelah menyelesaikan program Ausbildung, Jadi sudah menjawab kegelisahan dan kebingungan kalian ya teman-teman, bahwa setelah selesai Ausbildung kalian tidak harus untuk langsung pulang ke Indonesia karena ada hal-hal yang bisa kalian pilih setelahnya.