12 September 2023 4:25 pm

SYARAT AUSBILDUNG DAN BIDANG - BIDANG AUSBILDUNG

SYARAT AUSBILDUNG DAN BIDANG -  BIDANG AUSBILDUNG

SYARAT AUSBILDUNG DAN BIDANG - BIDANG AUSBILDUNG

Dalam rangka mengejar karir yang sukses dan berkembang di Jerman, persyaratan Ausbildung yang ketat perlu dipenuhi dengan cermat. Proses pendidikan praktis ini bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga komitmen dan dedikasi untuk mencapai tujuan karir. Di pembahasan sebelumnya teman-teman sudah mengetahui apa pengertian dan keuntungan Ausbildung, selanjutnya saya akan membahas Syarat Ausbildung dan Bidang-Bidang Ausbildung
Susah yaa ikut program ausbildung ? Tenang saja teman-teman karena program Ausbildung, Persyaratan masih bisa di jangkau ko jadi teman-teman tidak perlu khawatir selama kalian punya tekad yang kuat untuk menggapai cita-cita . Untuk mengikuti Ausbildung, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Namun, perlu diingat bahwa Persyaratan Ausbildung ini dapat bervariasi tergantung pada program pelatihan dan pemberi pelatihan. Berikut adalah syarat Ausbildung : 1. Minimal Pendidikan SMA/SMK/PAKET C
Tidak perlu minder bagi kalian yang baru saja lulus SMA bahkan paket c pun tetap bisa ikut program Ausbildung. Namun bagi teman-teman yang masih bersekolah, moment tersebut bisa dimanfaatkan untuk belajar Bahasa Jerman terlebih dahulu. Misalnya, dengan mengikuti program bimbingan belajar bahasa Jerman.
2. Usia
Syarat usia minimal untuk mendaftar Ausbildung adalah 18 tahun dan tidak ada batas maksimal usia. Akan tetapi prioritas usia yang diterima tidak lebih dari umur 35 tahun.Jika teman-teman sudah berusia 26 tahun keatas, teman-teman perlu memberikan bukti riwayat bekerja sebelumnya sebagai syarat tambahan.
3. Memiliki sertifikat bahasa Jerman
Sertifikat bahasa Jerman level B1 untuk bidang gastronomi dan level B2 untuk bidang general. Jadi kalau teman-teman belum memiliki sertifikat bahasa Jerman level B1 atau B2 bisa untuk mengikuti kursus bahasa Jermannya terlebih dahulu ya.
4. Komitmen selama 3 th di Jerman
Karena teman-teman punya tanggung jawab jadi teman-teman harus berkomitmen selama 3 th di Jerman sampai masa kontrak teman-teman habis yaa. Mulailah untuk persiapkan diri dan mental kalian selama Ausbildung. 5. Tidak boleh menggunakan atribut keagamaan, baik itu hijab, atau kalung salib, dan atribut keagamaan lainnya, tapi tenang saja teman-teman kalian tetap bisa menjalankan ibadah dan tidak ada larangan sama sekali.
Pasti teman-teman juga akan bertanya ada bidang apa aja sih yang ada Ausbildung ? Sebenarnya untuk bidang-bidang Ausbildung itu banyak banget teman-teman, tetapi memang untuk warga negara asing atau negara pihak ke 3 bidang-bidangnya sangat terbatas. Jangan khawatir teman-teman tetap bisa pilih ke 6 bidang tersebut, berikut adalah Bidang - Bidang Ausbildung :
  1. Ausbildung Koki (Koch Ausbildung)
Ausbildung Chef adalah sekolah kejuruan profesi sebagai Manajer Hotel atau Tenaga Ahli di Bidang Industri Chef yang diakui di Jerman. Pada awal pelatihan, teman-teman akan mempelajari pelajaran yang mudah dan sederhana. Contohnya, belajar tentang jenis dapur, jenis pekerjaan di dapur, penyimpanan makanan, mempersiapkan makanan sederhana, melayani tamu dan mempelajari keselamatan kerja dan peraturan tentang makanan. Kamu juga akan diajarkan penanganan makanan dengan higienis.
2. Ausbildung Perawat (Plegefachmann Ausbildung)
Untuk Ausbildung Perawat, ini juga tidak membutuhkan pendidikan terakhir yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Jadi kalau misalnya teman-teman tertarik untuk mengambil Ausbildung Perawat tapi belum memiliki basic skill di bidang kesehatan itu tidak akan jadi masalah. Tapi biasanya kalau kalian belum pernah memiliki pengalaman merawat seseorang, di tahun pertama kalian akan ditempatkan di klinik Jerman untuk diajarkan dulu basic merawat pasien. Untuk bidang perawat kalian membutuhkan sertifikat bahasa Jerman di level B2 ya.
3. Ausbildung Teknik
Biasanya memang Ausbildung tidak membutuhkan basic skill untuk mengambil bidang tertentu. Tapi terkhusus bidang teknik, teman-teman agak sulit kalau belum memiliki pengalaman di bidang teknik, dan perusahaan di Jerman lebih banyak membutuhkan bidang teknik elektro. Jadi kalau misalnya teman-teman menginginkan untuk ambil bidang selain teknik elektro, nanti sistemnya akan pengajuan ke pihak perusahaan masing-masing dan tentunya juga harus melihat pengalaman teman-teman juga ya apakah sudah memenuhi kualifikasi perusahaan. Level bahasa yang dibutuhkan untuk mengambil Ausbildung adalah B2 Bahasa Jerman ya teman-teman.
4. Ausbildung Perhotelan
Ausbildung perhotelan tidak membutuhkan pendidikan terakhir yang berhubungan dengan dunia perhotelan. Di tahun pertama teman-teman mulai belajar perhotelan di bagian housekeeping. Di tahun kedua di bagian resepsionis dan di tahun ke 3 di bagian manajerial. Level bahasa yang dibutuhkan untuk mengambil Ausbildung Perhotelan adalah B1.
5. Ausbildung Restaurant
Ausbildung Restaurant untuk sertifikat bahasa perlu di level B1, di tahun pertama biasanya azubi akan ditempatkan di bagian waitress, barr, kasir. Nah, yang perlu teman-teman ketahui juga biasanya customer akan memberikan tip untuk karyawannya bahkan untuk tip nya terkadang lebih besar dari gaji yang teman-teman dapatkan.
6. Ausbildung Perkantoran
Ausbildung Perkantoran akan di tempatkan di posisi admin, marketing, atau staff lainnya dan untuk level bahasa cukup tinggi yaitu di level B2, karena nantinya akan banyak berkomunikasi dengan orang-orang yang di Jerman. Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan Syarat dan Bidang - Bidang Ausbildung yang tersedia. Teman - teman tertarik mau ambil Bidang Ausbildung apa nih?