6 September 2023 3:30 pm

Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman

Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman

Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman

Pergi ke Jerman bukanlah sebuah angan-angan atau impian saja, kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut dengan berbagai macam program alternatif melalui lembaga terpercaya yang ada di Indonesia. Pasti banyak dari teman-teman yang ingin berkuliah ataupun berkarir di jerman, tetapi sulit untuk mencapainya. Bisa jadi berat karena uang deposit, tidak ada info valid tentang beasiswa, atau kesulitan untuk belajar bahasa Jermannya.
Di Jerman sendiri tersedia cukup banyak sekali program. Ada program Aupair, FSJ/BFD, maupun Ausbildung. Salah satu program yang cocok untuk program batu loncatan adalah program aupair. Tahukah kamu Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman? Pada artikel kali ini kita akan membahas hal tersebut agar teman-teman bisa memahami dengan baik apa itu Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman.

Jadi program aupair itu merupakan program pertukaran budaya atau program homestay, dimana kamu akan tinggal bersama keluarga angkat atau Gast Familie. Masa program aupair ini hanya satu tahun dan biasanya tidak bisa di extend tergantung dari gast familienya. Biasanya program aupair ini dijadikan sebagai program batu loncatan atau mencari pengalaman tinggal 1 tahun di negara Jerman dan merasakan culture atau budaya yang ada disana.
Nah, itu merupakan pengertian aupair. Apakah dari teman-teman semua sudah jelas tentang Pengertian Aupair Jerman? Kalau sudah jelas berikut pemaparan mengenai Syarat Aupair Jerman. Untuk syarat menjadi aupair Jerman ini terdiri dari:
  1. Minimal pendidikan terakhir SMA/Sederajat/Paket C. Sebagai bukti ada salah satu peserta dari YAIJ lulusan Paket C, namanya Kak Atin. Kak Atin ini dulunya menjadi ART di luar negeri. Setelah itu beliau ikut program aupair melalui YAIJ dan setelah program aupair Jermannya sudah selesai beliau melanjutkan program Ausbildung Dokter Gigi.
  2. Selain itu syarat lainnya dimulai dari usia 18-26th dan single. Jadi program aupair ini memang dikhususkan untuk teman-teman atau muda-mudi luar negeri untuk belajar budaya, culture, bahasa dan dapat pengalaman parenting juga di Jerman.
  3. Lalu untuk syarat bahasa tersendiri, teman-teman harus memiliki sertifikat bahasa jerman di level A1 ataupun A2. Jadi bagi teman-teman yang belum memiliki sertifikat bahasa Jerman, harus melalui kursus bahasa terlebih dahulu dan melakukan ujian bahasa Jerman.
  4. Kemampuan bahasa Inggris boleh pasif, akan tetapi teman-teman harus memiliki sertifikat bahasa Jermannya di level A2.

Teman-teman juga pasti bingung nih ‘nanti disananya belajar budaya aja kah atau ada tugas lain yang harus dikerjakan?’ tentunya akan ada kewajiban yang harus teman-teman jalani. Kewajiban seorang aupair Jerman terdiri dari:
  1. Kewajiban yang pertama yaitu berperan sebagai kakak tertua atau kakak asuh. Jadi nanti teman-teman menemani adiknya main, mengantar mereka ke sekolah atau menemani mereka mengerjakan PR/Tugas Sekolah.
  2. Selain itu, tugas teman-teman yang kedua adalah berpartisipasi untuk membantu mengurus rumah tangga ringan. Bukan sebagai pembantu atau asisten rumah tangga ya, melainkan hanya membantu tugas yang ringan-ringan saja. Contohnya, ibu lagi memasak kamu yang jaga adik, ketika sudah selesai makan kamu yang merapikan piring atau ketika sudah selesai mencuci kamu yang menjemur bajunya.

Bagaimana? Tugas seorang aupair ini mudah kan teman-teman. Eits, tapi Pengertian, Syarat, dan Kewajiban Aupair Jerman tidak hanya sampai disitu aja. Ada beberapa benefit yang akan kamu dapatkan. Berikut benefit seorang Aupair Jerman:
  1. Kamu akan mendapatkan uang saku sebesar 280 euro/bulan atau setara dengan RP 4-5jt/bulan. Coba teman-teman bayangkan uang saku ini bebas teman-teman gunakan untuk apa saja dan tidak dipotong oleh Gast Familie untuk uang tempat tinggal atau lainnya.
  2. Akomodasi hidup. Ohiya, pernah terpikir tidak sih sama teman-teman semua kalau di Jerman itu normalnya menghabiskan biaya hidup sekitar 1000an euro/bulan atau setara dengan RP 16-17jt/bulan, tetapi melalui program aupair ini teman-teman tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Karena dari pihak Gast Familie akan memberikan akomodasi hidup seperti fasilitas kamar tidur dan juga makan.
  3. Selain itu teman-teman juga akan mendapatkan asuransi kesehatan, jadi kalau kamu sedang sakit bisa pakai asuransi tersebut.
  4. Benefitnya tidak hanya itu aja, kamu juga akan mendapatkan fasilitas kursus bahasa lanjutan secara gratis. Biasanya uang kursus ini diberikan sebesar 50-70euro di luar dari uang saku teman-teman. Kalau setelah program aupair ini teman-teman mau kuliah atau bekerja itu kan perlu meningkatkan sertifikat bahasa, nah melalui kursus bahasa inilah yang berfungsi untuk meningkatkan sertifikat bahasa teman-teman.

Gimana teman-teman? Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman sudah jelaskan? Kalau kamu memenuhi syarat tersebut bisa ikut program Aupair Jermannya dari sekarang yaa! Setelah kita membahas Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman pasti dari teman-teman semua masih bingung mengenai Keamanan seorang Aupair dan bagaimana proses menjadi Aupair Jerman. Kamu bisa membuka di artikel berikut ini Aupair Jerman Aman gak sih? Prosesnya mudah?