6 September 2023 3:41 pm

Aupair Jerman Aman gak sih? Prosesnya mudah?

Aupair Jerman Aman gak sih? Prosesnya mudah?

Aupair Jerman Aman gak sih? Prosesnya mudah?

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai Pengertian, Syarat, Kewajiban serta Benefit Aupair Jerman pasti dari teman-teman semua sudah paham dan banyak yang tertarik tetapi juga bingung bagaimana untuk Aupair Jerman Aman gak sih? Prosesnya mudah? Yap, pada artikel kali ini saya akan mengupas tuntas mengenai hal tersebut dan menjawab pertanyaan dari teman-teman semua.
Ada banyak sekali alasan kenapa teman-teman harus mengikuti program Aupair Jerman, terutama dari segi benefit yang sudah teman-teman baca pada artikel sebelumnya. Akan tetapi, pasti banyak sekali dari teman teman yang khawatir akan Aupair Jerman Aman Atau Tidak? Terlebih lagi dari orang tua ataupun keluarga yang belum merestui atau yang masih mengira bahwa program Aupair ini sama dengan Asisten Rumah Tangga atau BabySitter. Apalagi di era digital saat ini banyak sekali berita-berita tidak menyenangkan, seperti disiksa oleh keluarga, tidak diberikan hak sepenuhnya atau yang paling parah adalah penjualan organ tubuh atau human trafficking. Para keluarga atau dari teman-teman pasti mempertanyakan Aupair Jerman Aman Atau Tidak.
Jadi teman-teman, program Aupair ini sudah berkembang sejak lama di Eropa. Tidak hanya di Jerman saja, melainkan ada di Belgia, Belanda, Prancis, Swiss dan negara lainnya. Seorang aupair ini memang akan tinggal bersama keluarga angkat atau Gast Familie, dan itu yang akan menjadi pertanyaan ‘apakah Gast Familie ini akan baik atau tidak?’. Sampai sejauh ini program Aupair Jerman berjalan, dari pihak Gast Familie aman-aman saja. Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena seorang Aupair Jerman ini dilindungi oleh pemerintah Jerman dan undang-undang.
Di undang-undang tersebut tertera jelas soal kewajiban serta benefit apa saja yang akan didapatkan seorang Aupair Jerman. Bahkan seorang keluarga di Jerman ini tidak bisa secara asal-asalan menerima Aupair. Mereka akan dilihat dulu dari segi financial ataupun mental, sanggup atau tidak menampung seorang Aupair. Agent yang ada di Jerman pun secara berkala akan melihat seorang aupair ini diperlakukan secara baik atau tidak, dan haknya dipenuhi atau tidak. Visa Aupair dan kontrak atau surat undangan dari Gast Familie ini juga jelas dan dilihat langsung oleh kedutaan, di dalam surat tersebut tertera jelas soal penempatan seorang aupair. Jadi dari teman-teman tidak perlu khawatir mengenai human trafficking atau hal lainnya.
Nah, itulah pemaparan tentang terjaminnya seorang Aupair. Lalu, kalau untuk Proses menjadi Aupair Jerman? Simak penjelasan di bawah ini yaa, agar teman-teman paham betul mengenai prosesnya.
Proses yang dilalui untuk menjadi seorang Aupair Jerman tidak bisa dibilang mudah tapi tidak terlalu sulit juga, asalkan dari teman-teman bisa berkomitmen untuk bisa mencapai mimpi menjadi seorang aupair, kamu pasti bisa melaluinya. Teman-teman pasti sudah membaca mengenai syarat seorang Aupair Jerman melalui artikel sebelumnya, karena syarat seorang Aupair itu harus memiliki sertifikat bahasa Jerman maka berikut ini tahapan yang harus kamu lalui:
  1. Kursus bahasa Jerman. Bagi teman-teman yang belum memiliki sertifikat bahasa jerman, kamu harus melalui kursus bahasa terlebih dahulu. Untuk levelnya tersendiri itu menyesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris kamu. Kalau kemampuan bahasa Inggris kamu active, maka kamu hanya perlu belajar bahasa jerman sampai level A1 saja. Sementara, kalau kemampuan bahasa Inggris kamu passive, kamu harus memiliki sertifikat bahasa jerman di level A2. Untuk durasi kursus ini tergantung dengan rundown tempat kursus kamu. Ada yang 3-4 bulan sudah selesai, atau sampai 6 bulan baru selesai A2.
  2. Langkah selanjutnya, teman-teman bisa ujian bahasa Jerman di beberapa lembaga yang diakui oleh kedutaan Jerman, seperti Goethe Institut, OSD ataupun ECL.
  3. Setelah teman-teman memiliki sertifikat bahasa, langkah selanjutnya yang harus dijalani yaitu proses pengurusan dan perapihan dokumen. Seperti sertifikat bahasa, apostile dan dokumen pendukung lainnya.
  4. Jika seluruh dokumennya sudah selesai, maka akan ada proses matching dengan Gast Familie. Pada proses ini akan ada wawancara dan juga sharing-sharing mengenai mimpi dan keinginan dari masing-masing pihak.
  5. Ketika sudah matching, nanti akan ada surat undangan yang diberikan oleh Gast Familie. Dari surat undangan tersebut bisa untuk proses pengajuan visa.
  6. Setelah itu, akan ada proses pembuatan visa dan passport. Lalu teman-teman juga bisa membeli tiket pesawat untuk flight ke Jermannya. Jika visa sudah approve, maka teman-teman bisa langsung flight ke Jerman dan memulai masa Aupairnya.

Begitulah mengenai Proses menjadi Aupair Jerman. So, teman-teman tidak perlu khawatir mengenai keamanan menjadi seorang Aupair Jerman. Sampai sejauh ini program Aupair berjalan, tidak ada kasus sampai human trafficking atau hal lainnya. Teman-teman bisa meyakinkan keluarga teman-teman melalui artikel ini. Tunggu apalagi, ayo daftarkan diri kamu untuk mengikuti program Aupair Jerman!