15 September 2023 3:17 pm

Mau Ausbildung Tapi Bawa Keluarga? Boleh gak ya?

Mau Ausbildung Tapi Bawa Keluarga? Boleh gak ya?

Mau Ausbildung Tapi Bawa Keluarga? Boleh gak ya?

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas terkait perbedaan antara Ausbildung dengan salah satu hal yang bisa kalian lakukan setelah selesai Ausbildung, yaitu Duales Studium. Kalau teman-teman belum mampir ke artikel saya sebelumnya, bisa klik link ini ya untuk ke artikel mengenai perbedaan antara Ausbildung dan Duales Studium.
Banyak beberapa dari teman-teman suka tanya, “kak kira-kira kalau Ausbildung bisa bawa keluarga gak ya?’. Pertanyaan itu beberapa kali sering muncul, karena saya sendiri juga paham kalau ada banyak orang yang datang dari luar Jerman dan mengikuti Ausbildung, tapi mereka sudah memiliki keluarga, dan juga pastinya akan ada keraguan kalau mereka harus meninggalkan keluarga mereka.
Jadi, di artikel ini saya akan coba menjawab kebingungan dari teman-teman semua mengenai apakah kalau teman-teman mengikuti Ausbildung diperbolehkan membawa keluarga? Yuk, kita bahas bersama-sama ya.
Apakah Azubi diperbolehkan membawa keluarga? Jawabannya adalah sebetulnya secara prinsip kalian bisa membawa keluarga kalian ke Jerman saat Ausbildung, karena tidak ada hukum atau peraturan yang melarang bahwa kalian tidak diperbolehkan membawa keluarga saat Ausbildung, tapi tentunya tidak semudah itu untuk melakukannya.
Alasan kenapa tidak mudah adalah karena Jerman adalah salah satu negara yang cukup ketat terkait peraturan membawa keluarga atau kerabat untuk tinggal disana, karena pemerintah Jerman menginginkan kalau teman-teman membawa keluarga kalian, semua kebutuhan dan juga kehidupannya harus dapat terjamin.
Jadi kalau kalian dari Indonesia dan pergi ke Jerman ingin menjalankan Ausbildung, tentunya kalian harus membuat visa Ausbildung. Tapi, kalau misalnya kalian ingin membawa keluarga, misalnya suami, istri, atau anak kalian itu berarti kalian akan berangkat ke Jerman menggunakan visa keluarga.
Sedangkan salah satu persyaratan jika kalian ke Jerman menggunakan visa keluarga adalah salah satu pasangan kalian yang ada di Jerman itu harus bisa membuktikan bahwa ada uang yang cukup untuk harus memenuhi kebutuhan hidup pasangan kalian yang akan datang ke Jerman. Minimal uang yang harus kalian miliki jika ingin membawa keluarga kalian ke Jerman adalah sekitar minimal 1500 euro/bulan untuk memenuhi kebutuhan dua orang.
“Kak gimana kalau gajinya belum cukup? tidak ada harapan dong?” Masih bisa harapan dengan alternatif lain, yaitu dengan persyaratan kalian harus membuka blocked bank account atau bisa dibilang sebagai uang deposito di Jerman. Jadi nanti, kalian harus menunjukkan jumlah uang di blocked account tersebut teman-teman memiliki uang yang cukup untuk membiayai kehidupan keluarga kalian yang akan datang ke Jerman. Alternatif lainnya itu bahwa biasanya kalau Azubi ingin membawa keluarga mereka ke Jerman, itu mereka akan melakukannya kalau sudah ada di tahun kedua atau dirasa kehidupan mereka sudah cukup settle di Jerman.
Alasan kenapa harus ada minimal jumlah finansial adalah sebetulnya karena agar pemerintah Jerman yakin bahwa kalian sanggup secara finansial untuk harus menanggung biaya hidup keluarga yang kalian bawa ke Jerman setiap bulannya. Baik itu untuk kebutuhan tempat tinggal, makan, edukasi, jajan, dan lain-lain. Selain itu pemerintah Jerman juga mencegah akan ada keluarga yang terlantar di Jerman.
Dengan adanya persyaratan finansial tersebut, banyak dari beberapa Azubi akhirnya memutuskan untuk tidak atau menunda membawa keluarga mereka ke Jerman, karena permasalahan finansial yang masih kurang. Karena kalau misalnya kalian nekat untuk tetap membawa keluarga kalian ke Jerman, sedangkan finansial kalian masih kurang nantinya kalian akan kesulitan sendiri disana untuk harus menghidupi diri kalian sendiri dan keluarga kalian di Jerman.
Nah itu dia penjelasan saya terkait pertanyaan teman-teman mengenai ikut Ausbildung boleh bawa keluarga atau tidak? Semoga bisa membantu kebingungan teman-teman ya. Jadi kalau kalian memang ada niat untuk akan membawa keluarga kalian di Jerman, pastikan dulu ya finansial kalian setiap bulan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian beserta keluarga kalian.