8 September 2023 2:43 pm

Bagaimana Sistem Kerja Ausbildung dan Tahapan Mengikutinya?

Bagaimana Sistem Kerja Ausbildung dan Tahapan Mengikutinya?

Bagaimana Sistem Kerja Ausbildung dan Tahapan Mengikutinya?

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai Pengertian, Syarat, dan Benefit Ausbildung pasti dari teman-teman semua sudah paham dan banyak yang tertarik tetapi juga bingung terkait bagaimana kegiatan selama ausbildung dan apa saja tahapan untuk ikut programnya? Apakah prosesnya mudah? Yup, pada artikel kali ini saya akan membahas detail mengenai hal tersebut dan akan menjawab pertanyaan dari teman-teman semua.
Ada banyak sekali alasan kenapa teman-teman harus mengikuti program Ausbildung, terutama dari segi benefit yang sudah teman-teman baca pada artikel saya sebelumnya. Akan tetapi pasti banyak beberapa dari kalian yang masih bingung tentang bagaimana sistem kerja ausbildung? Seperti yang sudah aku jelaskan di artikel sebelumnya, bahwa Ausbildung itu program pendidikan dan pelatihan profesi dengan bekerja di perusahaan dan belajar teori di sekolah.
Pasti ada yang berpikir kalau Ausbildung itu mirip dengan sekolah vokasi yang ada di Indonesia, nyatanya berbeda ya teman-teman. Kalau kalian lihat, di sekolah vokasi (Diploma) pun magang kerja baru dimulai saat semester 4 atau 5 perkuliahan. Sedangkan Ausbildung, kalian akan belajar teori dan praktik langsung bersamaan dan sudah dimulai dari tahun pertama kalian menjalani program.
Jadi dalam seminggu jadwalnya itu kalian tiga hari bekerja di perusahaan dan dua hari bersekolah teori atau dalam bahasa Jerman disebut dengan Berufsschule. Tapi ada juga beberapa perusahaan yang menggunakan sistem block. Gimana maksudnya sistem block? Maksudnya nanti kalian itu bekerja full dalam satu bulan dan di bulan depannya akan bersekolah full selama satu bulan, tapi itu tetap tergantung dengan kebijakan perusahaan kalian masing-masing ya. karena tiap perusahaan pasti akan berbeda peraturannya.
Untuk jam kerjanya itu maksimal 8 jam, tapi mungkin ada perusahaan yang akan memberikan jam lembur jika ada event tertentu dan tenang aja ya kalau lembur pasti akan dapat uang lemburnya. Sedangkan untuk jam sekolah kalian itu dimulai dari 6 - 8 jam.

Nah gimana teman-teman sudah paham kan tentang sistem kerja Ausbildung itu seperti apa? Kalau sudah mari kita bahas terkait tahapan mengikuti Ausbildung. Buat teman-teman yang masih bingung tahapannya gimana boleh langsung disimak aja ya. Untuk tahapan mengikuti Ausbildung itu cukup mudah kok teman-teman, berikut tahapannya:

  1. Kursus bahasa Jerman
Untuk teman-teman yang belum memiliki basic skill bahasa Jerman, sudah pasti tahap pertamanya harus belajar bahasa Jerman terlebih dahulu. Untuk Ausbildung, kalian perlu belajar sampai level B1 atau B2 tergantung bidang yang kalian pilih. di YAIJ sendiri, kalian cukup belajar sekitar empat bulan saja ya.

2. Ujian Sertifikat Bahasa Jerman
Setelah kalian selesai proses belajar, kalian harus ujian terlebih dahulu ya untuk mendapatkan sertifikat bahasa Jerman di level B1 atau B2. Teman-teman boleh ujian di salah satu lembaga yang sudah terverifikasi oleh pihak Kedutaan Jerman yaitu di Goethe Institut.
3. Pemberkasan
Sudah punya sertifikat bahasa Jerman, akan langsung masuk ke tahap pemberkasan yaitu untuk pembuatan CV, motivation letter, dan proses document translate ke dalam bahasa Jerman seperti ijazah terakhir, transkrip nilai, dan akte kelahiran. Proses pemberkasan sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 bulan.
4. Pencarian Perusahaan (Betrieb)
Finalisasi berkas selesai, kita akan masuk ke tahapan pencarian betrieb. Biasanya proses pencarian betrieb sendiri membutuhkan waktu maksimal tiga bulan untuk bidang gastronomi, dan maksimal enam bulan untuk bidang general.
5. Interview dengan pihak betrieb
kalian sudah bisa langsung interview dengan pihak betrieb. Untuk proses interview sendiri ini sama ya teman-teman seperti kalian interview kerja biasa. Selain itu kalian akan langsung masuk ke pembahasan kontrak kerja kalian. Untungnya, kontrak kerja kalian semua sudah harus clear saat masih di Indonesia. Jadi, kalian tidak perlu repot mengurus kontrak kerja saat sudah di Jerman.
6. Pengurusan Surat kontrak kerja, Asuransi, dan Tempat tinggal
Jadi setelah kalian sudah selesai interview dengan betrieb, dan teman-teman sudah diterima maka tahap selanjutnya adalah kalian penandatanganan kontrak kerja, asuransi, dan tempat tinggal. Kak kan belum sampai Jerman tapi kok udah pengurusan asuransi dan tempat tinggal aja? Ini sebagai salah satu persyaratan untuk pembuatan visa ya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat kalian di Jerman.
7. Pembuatan Visa
Sampai juga kita di tahapan pembuatan visa, untuk visa kaliah harus membuat janji termin terlebih dahulu ya dengan pihak Kedutaan Jerman selama 1,5 bulan. Untuk persetujuan visa kalian harus menunggu waktu sekitar 12 minggu atau tiga bulan.
8. Keberangkatan
Proses terakhir nih, setelah visa diapproved tinggal atur keberangkatan kalian ke Jerman sesuai kontrak kerja yang telah disepakati dengan perusahaan kalian.
Secara keseluruhan tahapan Ausbildung yang harus kalian jalani adalah sekitar 8 - 12 bulan. Kak lama juga ya prosesnya? Kalau dilihat memang cukup lama prosesnya teman-teman. Tapi hal yang kalian dapatkan nanti saat Ausbildung dan ke depannya, hasilnya akan sebanding bahkan lebih dari usaha yang kalian keluarkan di Indonesia. Harus selalu diingat, bahwa tidak ada kesuksesan yang instan karena semuanya pasti butuh usaha dan proses.
Gimana sudah kebayang kan bagaimana proses apa saja yang harus kalian jalani saat Ausbildung? Kalau sudah kebayang, tinggal motivasi dari kalian aja nih yang harus diperkuat untuk meraih masa depan yang lebih baik melalui Ausbildung.