8 September 2023 2:32 pm

AUSBILDUNG: PENGERTIAN, PERSYARATAN, DAN BENEFITNYA

AUSBILDUNG: PENGERTIAN, PERSYARATAN, DAN BENEFITNYA

AUSBILDUNG: PENGERTIAN, PERSYARATAN, DAN BENEFITNYA


Bagi sebagian orang, berkarier di luar negeri adalah impian besar karena pasti banyak dari teman-teman yang merasakan sulitnya mengembangkan karier di Indonesia. Salah satu negara yang banyak menjadi tujuan untuk meraih masa depan mereka yang lebih baik adalah Jerman. Perlu diketahui bahwa banyak sekali jalan untuk memulai karier di Jerman, karena ada beberapa program kerja alternatif yang disediakan oleh pemerintah Jerman.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas salah satu program yang populer di Jerman. Ada yang tahu? Yap betul, pembahasan kita kali ini adalah tentang Ausbildung.

Apakah teman-teman sudah tahu apa pengertian, persyaratan, dan benefit program ausbildung?

Pengertian Ausbildung adalah program pendidikan pelatihan profesi atau magang kerja dengan kontrak selama tiga tahun di Jerman. Jadi nanti selama kalian mengikuti ausbildung akan ada praktek di perusahaan dan sekolah teorinya juga ya. Oh iya, nanti saat teman-teman menjalankan program Ausbildung, dalam bahasa Jerman kalian akan disebut sebagai seorang Azubi (peserta Ausbildung).

Saat ini Ausbildung sudah marak di Indonesia, terutama sejak tahun 2018 sudah sangat banyak pemuda/i yang berminat untuk mengikuti program Ausbildung. Pertanyaannya kenapa kok banyak banget peminatnya? Jawabannya karena ya karena dengan program Ausbildung ini kalian bisa mendapatkan pengalaman kerja di Eropa, menambah skill profesional baru, dan juga yang pasti untuk mempersiapkan diri menjadi tenaga ahli yang siap bekerja secara profesional di perusahaan Jerman atau perusahaan Eropa lainnya.

Bagaimana teman-teman apakah sudah paham mengenai pengertian ausbildung? kalau sudah paham, yuk kita masuk ke pembahasan selanjutnya tentang persyaratan ausbildung. Pasti beberapa dari kalian masih berpikir kalau “pasti susah persyaratan ausbildung”. Tenang aja teman-teman persyaratan ausbildung tidak terlalu sulit kok, berikut adalah persyaratannya:
  • Usia 18 - 34 tahun
Kapan lagi kan usia masih 18 tahun tapi sudah bisa kerja di perusahaan Jerman? Hanya program ausbildung ini aja yang menyediakan lapangan pekerjaan tanpa memandang usia karena bahkan walaupun usia kalian sudah memasuki 30 tahun lebih, teman-teman masih berkesempatan untuk meniti karir dan masa depan kalian di Jerman.
  • Minimal pendidikan SMA/sederajat atau Paket C.
Tidak hanya lulusan sarjana atau diploma yang bisa kerja di Jerman. Ternyata lulusan SMA/sederajat atau bahkan Paket C saja sudah bisa loh kerja di Jerman. Tanpa harus memiliki pengalaman kerja yang profesional. Dan juga jika kalian masih berstatus siswa, teman-teman juga bisa tetap mempersiapkan diri mulai dari sebelum lulus.
  • Siap secara mental dan memiliki komitmen untuk bekerja selama 3 tahun di Jerman.
Kenapa sih kak harus siap mental dan punya komitmen kuat? Jawabannya karena bekerja di Jerman tidak sama dengan kerja di Indonesia. Walaupun status kalian masih magang kerja, tapi tingkat pekerjaan kalian sudah hampir sama dengan professional worker di Jerman. Makanya dibutuhkan juga persiapan mental dan komitmen yang kuat dari teman-teman. Orang-orang di Jerman boleh dikatakan memiliki kepribadian atau watak yang tegas. Apapun yang dikatakan sama mereka, pasti akan dilakukan. Di Indonesia masih sedikit saya temukan orang-orang dengan mentalitas seperti itu, karena kebanyakan dari kita juga sering tidak berpendirian tetap, kadang hanya teori tapi prakteknya tidak dijalankan.
  • Tidak boleh menggunakan atribut keagamaan apapun, baik itu hijab atau kalung dengan simbol agama tertentu.
Pasti banyak yang agak kaget “loh kok gitu? Diskriminasi agama dong?” Eits, bu kan itu alasannya. Alasannya adalah perusahaan di Jerman sangat mengutamakan kebersihan atau untuk menjaga kehigienisan dan untuk mejaga efisiensi kerja teman-teman juga nantinya.
  • Sertifikat bahasa Jerman level B1 untuk bidang gastronomi dan level B2 untuk bidang general.
Jadi kalau teman-teman belum memiliki sertifikat bahasa Jerman level B1 atau B2 bisa untuk mengikuti kursus bahasa Jermannya terlebih dahulu ya.Bagaimana cukup mudah kan persyaratan mengikuti ausbildung? kita sampai di pembahasan terakhir yaitu benefit program ausbildung. Setelah mengetahui benefit program ausbildung, pasti teman-teman akan semakin yakin deh untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini dan menjadi selangkah lebih maju daripada orang lain! Berikut beberapa benefit program ausbildung:
  • Gaji bulanan 927 - 1200 euro
coba teman-teman bayangin, kapan lagi coba status kalian masih sebagai pemagang tapi sudah bisa mendapatkan gaji bulanan sebesar itu? hanya melalui program ausbildung aja yang bisa kasih kalian gaji belasan juta walaupun status kalian hanya magang kerja, dan gaji bulanan kalian kalau dirupiahkan sudah sebesar 15 - 19 jutaan loh teman-teman.
  • Tempat tinggal berupa rumah dengan fasilitas kamar pribadi
Jadi kalian tidak perlu harus susah lagi cari tempat tinggal di Jerman, karena untuk hal tersebut sudah pasti diurus oleh pihak perusahaan kalian ya. Untuk kamarnya juga diisi maksimal oleh dua orang, karena Jerman termasuk negara yang ketat dalam hal privacy.
  • Makan selama jam kerja
Untuk makan gimana kak? Nah tenang aja, untuk makan akan difasilitasi juga kok oleh perusahaan kalian tapi selama jam kerja aja ya. Di luar jam kerja teman-teman harus bisa tanggung jawab sama kebutuhan makan kalian.
  • Asuransi kerja dan kesehatan selama 3 tahun.
  • Hak cuti 24 hari per tahun dan libur dua kali dalam seminggu
Benefitnya lainnya, kalian dalam satu tahun sudah pasti akan mendapatkan jatah cuti tanpa harus memotong gaji kalian. Untuk sistem cutinya pengajuan ya tapi tenang aja sudah pasti akan disetujui sama pihak perusahaan kalian kok, yang penting kalau teman-teman mau ambil jatah cutinya harus 3 month notice dulu ya.

Yup! Seperti yang sudah saya jelaskan banyak sekali keuntungan dari program ini. Gimana? tertarik untuk bergabung?

Sekarang udah gak penasaran kan apa sih pengertian, persyaratan, dan benefit ausbildung? Yuk tunggu apalagi, ayo segera daftarkan dirimu program ausbildung untuk mendapatkan kehidupan dan masa depan yang jauh lebih baik.

Pembahasan selanjutnya saya akan membahas mengenai sistem kerja Ausbildung, dan bagaimana tahapan mengikuti ausbildung Jerman. Kamu bisa klik link untuk ke artikel selanjutnya ya sistem kerja Ausbildung, dan bagaimana tahapan mengikuti ausbildung Jerman