-
-
-
-
-
-

" Study In Germany " Bersama YAIJ

-
Dewasa ini, melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi hal yang lumrah di masyarakat kita. Minat pemuda-pemudi untuk kuliah pun cukup tinggi, dibuktikan dengan daya saing memasuki universitas yang sangat ketat. Trent ini tentu menjadi gelombang baik bagi bangsa kita, sebab generasi penerus kita cinta pada pendidikan.

Berbagai pilihan perguruan tinggipun sangat beragam, mulai dari institute, universitas, sekolah tinggi, baik yang berstatus perguruan tinggi negeri, swasta, dan lain sebagainya, semua berlomba mencerdaskan kehidupan bangsa. YAIJ pun tidak ingin ketinggalan, menilik dari sejarah YAIJ yang hadir dan tumbuh bersama asa para pemuda-pemudi Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih baik. YAIJ membuka program baru "Study in Germany" yang ditujukan untuk anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara Jerman. Mari Minje perjelas lebih detail...

Apa itu Study in Germany ?


Adalah sebuah program persiapan dan penyaluran kuliah ke negara Jerman. Pilihan perguran dan jurusan yang disediakanpun beragam.

-
"Minje... Kenapa sih harus kuliah ke Jerman?"
Negara Jerman termasuk kedalam negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, bahkan bahasa Jerman menjadi bahasa terbanyak kedua yang digunakan dalam jurnal ilmiah. Selain itu, pendidikan di Jerman relatif lebih terjangkau dibanding negara eropa lain. Dan tau ga? fasilitas bagi pelajar yang disediakan negara Jerman terbilang banyak loh... seperti subsidi akomodasi pendidikan, tunjangan transportasi umum, dan asuransi.
-
Tapi, untuk bisa melanjutkan pendidikan di Jerman, anda wajib terlebih dahulu mengikuti kelas persiapan masuk universitas atau pre-university course atau yang disebut Studienkolleg.

Studienkolleg adalah sekolah penyetaraan bagi calon mahasiswa luar Jerman yang ingin berkuliah di Jerman. Hal ini didasari karena adanya perbedaan kurikulum, dan sistem pendidikan dari setiap negara, sehingga Jerman mewajibkan semua calon mahasiswa S1 Internasional untuk terlebih dahulu mengikuti Studienkolleg yang telah distandarisasi oleh Kementrian Pendidikan Jerman. Gimana, udah tercerahkan?
Studienkolleg terbagi menjadi beberapa kelas (Kurs) yang dibedakan berdasarkan jurusan dan jenis perguruan tinggi yang akan dipilih. Secara umum, terdapat 5 kurs Studienkolleg, yaitu T-Kurs, W-Kurs, M-Kurs, G-Kurs, dan S-Kurs. Mari kita bahas satu-persatu.

1. T-Kurs
Adalah Studienkolleg bagi anda yang akan mengambil jurusan Teknik, dan Teknik Informatika. T-Kurs dibagi dua yaitu T-Kurs(Uni) dan T-Kurs(FH). Mata pelajaran yang akan kalian pelajari di Studienkolleg adalah Bahasa Jerman, Matematika, Kimia, Fisika, dan Teknik infomatika.

2. W-Kurs
Adalah Studienkolleg bagi anda yang akan mengambil jurusan Bisnis, Ilmi Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Sistem Informasi. W-Kurs dibagi menjadi 2, yaitu W-Kurs(Uni) dan W-Kurs(FH). Mata pelajaran yang akan anda pelajari di Studienkolleg adalah Bahasa Jerman, Matematika, Ekonomi, Bisnis, Ilmu Sosial, dan Bahasa Inggris.

1. M-Kurs
Adalah Studienkolleg bagi anda yang akan mengambil jurusan Biologi, dan Kedokteran. M-Kurs hanya ada 1, yaitu W-Kurs(Uni). Mata pelajaran yang akan anda pelajari di Studienkolleg adalah Bahasa Jerman, Matematika, Fisika, dan Biologi.


2. G-Kurs
Adalah Studienlkolleg bagi anda yang akan mengambil jurusan Humaniora, Sastra Jerman, dan Seni. G-Kurs hanya ada 1, yaitu G-Kurs(Uni). Mata pelajaran yang akan anda pelajari di Studienkolleg adalah Bahasa Jerman, Sejarah, Ilmu Sosial, Sastra Jerman, dan Bahasa Inggris.

3. S-Kurs
Adalah Studienkolleg bagi anda yang akan mengambil jurusan Sastra Asing. S-Kurs hanya ada 1, yaitu S-Kurs(Uni). Mata pelajaran yang akan anda pelajari di Studienkolleg adalah Bahasa Jerman, Sejarah Bahasa Asing 1, Bahasa Asing 2, Ilmu Sosial, dan Sastra Jerman.
-
Perguruan tinggi di Jerman terbagi menjadi 2, yaitu Fachhochschule (FH) dan Universität (uni). Bagi anda yang ingin mengambil perkuliahan ilmiah yang berorientasi pada praktek, mengambil Fachhochschule adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk anda yang lebih berorientasi memperkaya teori, maka Universität adalah pilihan terbaik.

Setelah anda mendapatkan ijazah dari Studienkolleg, maka kamu bisa langsung berkuliah di Jurusan di Perguruan Tinggi impian kamu. Tapi, bagi pemilik ijazah Studienkolleg FH hanya diperbolehkan untuk mendaftar di FH. Sedangkan, untuk Ijazah Studienkolleg Uni bisa dipergunakan untuk mendaftar baik ke FH maupun Uni.

Secara singkat perbedaan Fachhochschule dan Universität adalah sebagai berikut:

VSFachhochschuleUniversität
Jenjang PendidikanS1, S2S1, S2, S3
Bidang PerkuliahanBisnis, IT, Teknik, Desain, dll…Bisnis, IT, Teknik, Kedokteran, IPA Murni, Humaniora, Ilmu Sosial, dll…
Penekanan KurikulumMenitikberatkan penerapan dalam pekerjaan keseharian industriMenitikberatkan pada teori dan pengembangan ilmu
Gimana, udah nentuin mau pilih Fachhochschule atau Universität nih? Apapun pilihannya, semua tergantung orientasi dan pilihan anda. yang pasti, sarjana dari Jerman baik Fachhochschule ataupun Universität semuanya memiliki nilai lebih dimata dunia.


Studienkolleg dalam setahunn hanya dibuka sebanya 2 periode saja, yaitu Sommer Semester, dan Winter Semester. Sommer Semester dimulai bulan Maret/April, sedangkan Winter Semester dimulai bulan September/Oktober.
-

Cara mengikuti StudienKolleg:

  1. Memilih Uni / FH
  2. Memilih Jurusan
  3. Memilih Studienkolleg yang disarankan oleh Uni/FH
  4. Mengajukan dokumen yang disyaratkan oleh Uni / FH
  5. Uni / FH akan mengirim surat undangan tes masuk Studienkolleg jika syarat berkas telah terpenuhi.
  6. Mengajukan visa studi di Kedutaan Besar Jerman
  7. Sesampainya di Jerman, anda akan mengikuti tes masuk Studienkolleg sesuai jadwal
  8. Setelah lulus tes, anda akan langsung dapat mengikuti Studienkolleg selama setahun.
Di akhir semester, akan ada ujian yang harus anda ikuti. Apabila anda lulus dengan nilai yang telah ditentukan oleh Uni/FH tujuan anda, maka anda akan langsung diterima menjadi mahasiswa di Jurusan dan perguruan tinggi impian anda.

Gimana, ternyata banyak proses yang harus dilalui kan? Tanang, bersama YAIJ semua proses tersebut akan menjadi lebih ringan.
-
"Minje... Gimana sih syarat mengikuti program Study in Germany di YAIJ?"

Syarat Mengikuti Studienkolleg melalui YAIJ:


  1. Nilai UAS SMA/Sederajat minimal 6,00
  2. Memiliki Sertifikat Bahasa Jerman minimal B1 Goethe Institute.
  3. Memiliki tekad dan komitmen dan kuat
  4. Kooperatif dalam mengikuti seluruh alur proses yang diwajibkan
Setelah baca ulasan diatas jadi makin yakin ikut program ini kan? Atau anda ingin penjelasan lebih mendetail? Konsultasikan kebutuhan anda dengan konsultan kami secara gratis disini...

Keuntungan "Study in Germany" melalui YAIJ

YAIJ memberikan jaminan lulus Studienkolleg
Layanan penjemputan dari bandara/ stasiun ke mess di Jakarta
Free tempat tinggal selama pelatihan bahasa dan persiapan di Indonesia
Pembekalan program
Layanan pembuatan profil peserta, CV, dan motivation letter
Layanan Pembukaan rekening Blocked Account
Layanan pembuatan asuransi perjalanan selama 3 bulan
Pendampingan pencarian dan pemilihan Studienkolleg
Layanan pengiriman berkas ke Uni / FH dan Studienkolleg
Layanan pendampingan dan pembimbingan menghadapi ujian di Studienkolleg
Pembekalan menghadapi sistem pembelajaran di Jerman
Layanan pengisian formulir Visa, dan penyusunan berkas dari Kedubes Jerman
Layanan pencarian tempat tingal di Jerman
pendampingan dan pengurusan Birokarasi di Jerman
-

Layanan Study in Germany di YAIJ

-
-

Paket Program

  1. Layanan kursus bahasa Jerman dari A1 hingga B2
  2. Disediakan mess, include biaya listrik, air, dan gas
  3. Layanan Persiapan masuk Studienkolleg
  4. Layanan Program di Jerman
-
-

Penyaluran

  1. Layanan persiapan masuk Studienkolleg
  2. Layanan program di Jerman
Alamat
087750395846
yaij.solusi.int@gmail.com
Jl. Desa Putra No.1 Rt.7 Rw.05, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 12640
Social Media
@2024 YAIJ Inc.