-
-
-
-
-
-
-
Standar pendidikan di Indonesia terus meningkat menjadi lebih baik. Dahulu lulusan SMA saja sudah cukup, namun dewasa ini rata-rata jenjang pendidikan telah berada di tingkat Sarjana, bahkan lebih. Berbagai pekerjaan telah menyaratkan pelamarnya minimal berpendidikan S-1. Sobat minje saat ini sedang belajar ditingkat apa nih? SMP, SMA, atau sedang kuliah? Dimanapun tingkatannya, tetap belajar ya sobat minje, pendidikan itu sangat penting, bahkan lebih penting dari doi? #ehhh???

Sobat minje yang sedang mencari referensi untuk kuliah ke luar negeri. Membaca laman ini bisa menjadi salah satu tambahan referensinya. Dengan bangga YAIJ membuka program baru, yaitu STUDY IN TURKIYE atau bisa diartikan sebagai kuliah ke Turki. Lebih lengkapnya Los geht's Minje jelasin...

-

Apa itu Study in Turkiye ?


Adalah program yang ditujukan bagi pemuda-pemudi Internasional termasuk Indonesia didalamnya yang ingin berkuliah di Turki. Mulai dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktoral.

Terdapat sekitar 207 perguruan tinggi di Turki. Secara umum, perguruan tinggi di Turki terbagi menjadi 2 (dua), yaitu (1) Perguruan Tinggi Negeri atau PTN, dan (2) Perguruan Tinggi Swasta atau PTS. Jumlah PTN di Turki lebih banyak dibanding PTS. Jumlah PTN sekitar 134, sedangkan jumlah PTS sekitar 73.
-

Lalu Apa Bedanya PTN dan PTS?

Secara mutu tidak bisa dibedakan, keduanya memiliki mutu yang baik tergantung masing-masing kampusnya. Terbukti dalam 10 universitas terbaik di Turki didalamnya terdapat universitas negeri dan universitas swasta. Jadi anda hanya perlu memilih baik-baik universitas mana yang anda inginkan terlepas dari status negeri atau swastanya.
Perbedaan antara kedua jenis kampus ini terletak di harga, dan juga bahasa pengantar yang digunakan. Kampus negeri relatif lebih murah dibanding kampus swasta. biaya kuliah tahunan di kampus negeri berkisar antara Rp. 1.500.000 - Rp.105.000.000 sedangkan kampus swasta berkisar antara Rp.30.000.000 - Rp.412.500.000 tergantung bidang studi yang diambil. Selain harga, perbedaan lainnya terletak di bahasa pengantar ketika perkuliahan dimulai. PTN menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantarnya, sedangkan PTS menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
-
"Gimana dong minje kalo aku pengen ke PTN tapi ga bisa bahasa Turki-nya?"
Tenang Sobat Minja, di YAIJ selalu punya jawaban dari semua kegalauan kalian. PTN mewajibkan mahasiswa Internasionalnya untuk mengikuti kelas bahasa dulu atau yang disebut TOMER. Jadi setelah anda diterima dan sudah berada di Turki, anda akan diminta mengikuti TOMER di tahun pertama.
-
"Berarti untuk mendaftar ke PTS harus sudah memiliki TOEFL ya Minje?"
Mendaftar ke PTS di turki disarankan mencantumkan TOEFL ya sobat minje. Jenis TOEFL yang digunakan adalah TOEFL IBT, dengan minimum nilai 72 untuk undergraduate, dan 79 untuk postgraduate. Mencantumkan TOEFL hanya disarankan ya sobat minje, jadi kalaupun kalian belum memiliki TOEFL atau nilainya masih dibawah standar, kalian tetep bisa mendaftar. Tapi nanti ketika sudah di terima dan sudah di Turki, kalian akan diminta mengambil Preparatory Program, atau program persiapan yang didalamnya juga belajar bahasa inggris.
-

" Study In Turkiye " Bersama YAIJ

APA ITU TOMER ?

Tomer adalah kelas bahasa Turki bagi mahasiswa internasional atau mahasiswa luar Turki. TOMER biasanya hanya diwajibkan bagi mahasiswa yang berkuliah di PTN saja, sebab bahasa pengantar yang digunakan selama perkuliahan di PTN hampir sebagian besar menggunakan bahasa Turki. Sedangkan untuk mahasiswa PTS biasanya bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa inggris, sehingga bahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa PTS -pun adalah bahasa Inggris. TOMER dilaksanakan di semester awal dan diadakan oleh PTN nya langsung, jadi tahun pertama mahasiswa internasional akan diwajibkan mengambil program TOMER terlebih dahulu. Bahasa Turki memiliki 6 tingkatan, yaitu tingkat A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Level bahasa yang biasanya disyaratkan oleh PTN ada di level B2 hingg C1, durasi program TOMER biasanya sekitar 1 tahun. So, bagi kalian yang belum bisa berbahasa Turki namun ingin berkuliah di PTN di Turki, jangan ragu lagi yaa...

Apa itu Preparatory Program?

Seperti yang Minje sebutin sebelumnya, bahwa bahasa pengantar yang digunakan di PTS bukan bahasa Turki, sehingga TOMER tidak diwajibkan oleh PTS untuk mahasiswanya. Bahasa pengantar yang digunakan dalam perkuliahan di PTS adalah bahasa inggris, sehingga mahasiswa PTS harus memiliki kemampuan berbahasa inggris yang memadai. Mahasiswa PTS untuk program undergraduate harus memiliki TOEFL IBT dengan minimum nilai 72, sedangkan untuk post graduate minimum nilainya 79. Tapi bagi mahasiswa yang belum memiliki TOEFL atau sudah memiliki TOEFL tapi belum memenuhi standar nilai yang disyaratkan, jangan sedih dulu. Mahasiswa PTS yang belum memenuhi syarat kemampuan berbahasa inggris, akan diminta mengambil preparatory program atau program persiapan di tahun pertama yang diselenggarakan langsung oleh PTS yang bersangkutan.

Preparatory Program adalah program persiapan bagi mahasiswa internasional sebelum memulai perkuliahan di Turki. Preparatory program tujuannya adalah menyiapkan mahasiswa internasional terutama dibagian kesiapan bahasa inggrisnya, sehingga mampu mengikuti perkuliahan kedepannya.

Sedangkan mahasiswa yang sudah memenuhi TOEFL yang disebutkan diatas, maka tidak perlu mengambil preparatory program, dan bisa langsung mengambil perkuliahan.
-

Cara Pendaftaran Kuliah di Turki:

1. undergraduate:
Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memiliki 2 (dua) jalur, yaitu jalur berkas, dan jalur ujian YOS.
sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) hanya memiliki 1 (satu) jalur, yaitu jalur berkas saja.

2. postgraduate:
baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta, hanya memiliki 1 (satu) jalur dalam penerimaan mahasiswa postgraduate, yaitu melalui jalur berkas.

jalur berkas: berarti seleksi penerimaan mahasiswa baru hanya melalui seleksi berkas yang dikumpulkan saja. Calon mahasiswa akan diminta mengumpulkan beberapa dokumen yang disyaratkan kemudian dari dokumen tersebut akan dilakukan seleksi oleh pihak PTN atau PTS nya.
Jalur Ujian YOS:
YOS (Yabancı uyruklu Öğrenci Sınavı) adalah ujian yang ditujukan kepada pelajar luar Turki yang ingin kuliah di PERGURUAN TINGGI NEGERI DI Turki. Soal-soal ujian YOS terdiri dari soal matematika, geometri, dan soal untuk mengetahui kemampuan berfikir abstrak (IQ). Durasi ujian antara 135 menit. Ujian YOS ini hanya bisa dilakukan di PTN di Turki atau bisa melalui Representatif-nya yang hanya ada di beberapa negara luar Turki. YAIJ bekerja sama dengan salah satu Representatif PTN Turki, sehingga YAIJ bisa membuka ujian YOS bagi peserta YAIJ. Pelaksanaan ujian biasanya dibulan April-Juli. Sama halnya seleksi ujian masuk perguruan tinggi di Indonesia yang menggunakan passing grade, di turki menggunakan passing grade. pada umumnya bidang studi memiliki passing grade sebesar 50%, namun beberapa program studi memiliki passing grade berbeda, seperti bidang studi Medical passing grade nya lebih dari 90%, dan untuk bidang studi Teknik passing grader nya lebih dari 80%.

Apa itu Jalur Berkas?

Berarti seleksi penerimaan mahasiswa baru hanya melalui seleksi berkas yang dikumpulkan saja. Calon mahasiswa akan diminta mengumpulkan beberapa dokumen yang disyaratkan kemudian dari dokumen tersebut akan dilakukan seleksi oleh pihak PTN atau PTS nya. Hasil seleksi akan diinfokan ke calon mahasiswa setelah hasil telah ditetapkan.

Apa itu Jalur Ujian YOS?


YOS (Yabancı uyruklu Öğrenci Sınavı) adalah ujian yang ditujukan kepada pelajar luar Turki yang ingin kuliah di PERGURUAN TINGGI NEGERI Di Turki. Soal-soal ujian YOS terdiri dari soal matematika, geometri, dan soal untuk mengetahui kemampuan berfikir abstrak (IQ). Durasi ujian antara 135 menit.

Ujian YOS hanya bisa dilakukan di PTN di Turki atau bisa melalui Representatif-nya yang hanya ada di beberapa negara luar Turki. YAIJ bekerja sama dengan salah satu Representatif PTN Turki, sehingga YAIJ bisa membuka ujian YOS bagi peserta YAIJ.

Pelaksanaan ujian biasanya dibulan April-Juli. Sama halnya seleksi ujian masuk perguruan tinggi di Indonesia yang menggunakan passing grade, di Turki juga menggunakan passing grade. pada umumnya bidang studi memiliki passing grade sebesar 50%, namun beberapa program studi memiliki passing grade berbeda, seperti bidang studi Medical passing grade nya lebih dari 90%, dan untuk bidang studi Teknik passing grader nya lebih dari 80%.
-

Syarat Kuliah di Turki

Diploma & Sarjana

  1. Tidak ada batasan usia
  2. Scan nilai raport SMA (dari semester 1 hingga akhir)
  3. Scan ijazah SMA
  4. Scan passport
  5. Surat rekomendasi, dan surat motivasi diri (optional)

Magister

  1. Tidak ada batasan usia
  2. Scan Ijazah SMA
  3. Scan transkrip nilai S-1
  4. Scan Ijazah S-1
  5. Scan passport
  6. 2 surat rekomendasi
  7. Surat motivasi diri

Doktoral

  1. Tidak ada batasan usia
  2. Scan Ijazah S-1
  3. Scan Transkrip nilai S-2
  4. Scan ijazah S-2
  5. Curriculum vitae (CV) / profil diri
  6. Scan passport
  7. 3 surat rekomendasi
  8. Surat motivasi diri

Mengapa Harus Kuliah di Turki?

Negara Turki termasuk ke dalam negara-negara yang menandatangani Deklarasi Bologna. Deklarasi Bologna adalah deklarasi mengenai standarisasi pendidikan di eropa. Sehingga jelas, standar pendidikan di Turki sama dengan standar di Eropa, selain itu ijazah yang didapatkan diakui oleh negara Eropa, Amerika, Kanada, dan Australia. Selian itu, kelebihan berkuliah di Turki adalah sebagai berikut:
-
1. Biaya Kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

Biaya kuliah di negara Turki relatif lebih murah di banding kuliah di negara Eropa, Amerika, Kanada, dan Australia, namun kuliatas pendidikannya setara dengan negara-negara yang tadi Minje sebutin. Alasan ini pulalah yang melatar belakangi kurang lebih 185.000 mahasiswa internasional berkuliah di negara ini. Apakah anda ingin menjadi salah satu dari 185.000 mahasiswa internasional tersebut? Mari bergabung bersama kami dalam mewujudkannya.

2. Turki sebagai Jemabtan ASIA EROPA.

Lokasi Turki sangat strategis, dimana Turki sebagai jembatan antara benua Asia dan benua Eropa, selain itu juga Turki dekat dengan benua Afrika. Gimana? kurang strategis apa lagi nih?.
Pertemuan ke-tiga benua tersebut tentunya membuat kebudayaan di Turki sangat kaya, sangat menarik untuk kalian yang suka mempelajari kebudayaan negara lain. Mobilitas yang kalian dapat ketika kuliah di Turki tidak perlu dipertanyakan lagi, berbagai transportasi umum siap memudahkan anda. Negara Turki termasuk kedalam bagian wilayah Schengen, jadi kalian bisa mengunjungi negara Schangen lain tanpa perlu membuat visa lagi.


3. Kampus Modern dan fasilitas penunjang lainnya.

Baik PTN ataupun PTS sudah memiliki gedung modern atau gedung bersejarah. Selain itu fasilitas yang dimiliki PTN atau PTS sudah lengkap untuk menunjang perkuliahan mahasiswanya. Di kampus biasanya sudah tersedia dorm, perpustakan yang buka 7x24 jam, career service, sport center, food cort, dan fasilitas lainnya.


4. Peluang Beasiswa

Peluang beasiswa bagi mahasiswa internasional terbuka lebar. Baik PTN ataupun PTS memiliki banyak tawaran beasiswa yang bisa berasal dari kampus, alumni kampus, instansi, pemerintah, atau yayasan beasiswa lain. Anda hanya perlu aktif mencari informasi beasiswa dan apply aplikasi anda.

-
5. Warisan budaya, sejarah, keindahan alam, iklim, dan Keramahan warga lokal.


Turki terkenal pusat pusat dunia, dimana Turki memiliki banyak warisan budaya dan warisan sejarah, seperti peninggalan Romawi, Bizantium, dan kekaisaran usmani. Selain kekayaan sejarah dan budayanya, Turki juga terkenal dengan keindahan alamnya, dewasa ini Turki terkenal dengan banyak destinasi wisata andalan seperti Cappadocia, Goreme, Urgub, dan banyak destinasi terbaik lainnya. Hal yang menarik lainnya adalah, masyarakat Turki terkenal ramah dan mau membantu, kultur di Turki yang sangat beragam membuat masyaraktnya sangat toleran. Bagi kalian yang beraga islam, kalin akan mudah beribadah ketika berkuliah di sini, dan hal yang sama bagi penganut agama lain, kalian bisa menjalankan ibadah sesuai agama kalian dengan bebas. Turki termasuk kedalam daerah subtropis, sehingga Turki mengalami empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Keuntungan "Study in Turkiye" melalui YAIJ

JAMINAN DITERIMA di PTN / PTS melalui semua jalur.
Mengapa bisa begitu? konsultasikan dengan konsultan YAIJ untuk tahu lebih banyak disini...
Layanan Terlengkap dengan Persiapan Ujian YOS
Ujian YOS di Indonesia
YAIJ bekerja sama dengan agency yang terkoneksi dengan PTS-PTS di Turki
YAIJ bekerja sama dengan Representatif PTN yang hanya ada beberapa diluar negera Turki
Penjempat dan pengantaran baik di Bandara di Indonesia maupun Bandara di Turki
City Tour di Turki
dan masih banyak lagi...
Alamat
087750395846
yaij.solusi.int@gmail.com
Jl. Desa Putra No.1 Rt.7 Rw.05, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 12640
Social Media
@2024 YAIJ Inc.