13 September 2023 1:19 pm

Setelah Aupair Jerman Selesai, Ngapain?

Setelah Aupair Jerman Selesai, Ngapain?

Setelah Aupair Jerman Selesai, Ngapain?

Melalui artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai Aupair Jerman Dapat Kursus Bahasa Lanjutan? Pada artikel tersebut ada kaitannya dengan next planning ketika masa Aupair Jermannya sudah selesai.
Mengikuti program Aupair Jerman bukanlah suatu hal yang dijadikan tujuan akhir bagi teman-teman. Pasti banyak dari teman-teman yang menjadikan program Aupair Jerman ini sebagai batu loncatan. Tetapi, ada pula yang masih kebingungan ‘Nanti Setelah Aupair Jerman Selesai, Ngapain?’ ada banyak hal yang bisa teman-teman lakukan ketika kontrak Aupairnya sudah habis.
Kalau teman-teman merasa sudah cukup untuk tinggal di Jerman, lalu ingin langsung pulang ke Indonesia itu tidak masalah. Akan tetapi, kebanyakan dari mereka biasanya akan merasa nyaman untuk tinggal di Jerman dan memutuskan untuk kembali berkarir ataupun melanjutkan pendidikan. And yap, melalui artikel ini saya akan menjawab pertanyaan teman-teman yaitu Setelah Aupair Jerman Ngapain?
Sebetulnya ketika program Aupair Jerman itu selesai akan ada banyak program yang bisa teman-teman ikuti, tergantung dari tujuan teman-teman seperti apa. Teman-teman bisa melanjutkan pendidikan baik S1 maupun S2, melanjutkan program lainnya seperti FSJ/BFD maupun Ausbildung. Bahkan bagi teman-teman yang pendidikan terakhirnya S1 bisa langsung menjadi professional worker di Jermannya. Tidak banyak juga dari para alumni yang mengikuti program Aupair Jerman mereka mendapatkan jodoh.
Antara kursus bahasa lanjutan yang diberikan oleh Gast Familie dengan kegiatan Setelah Aupair Jerman itu ada kaitannya. Saya akan membahas mengenai perkuliahan terlebih dahulu. Jadi kalau teman-teman ingin berkuliah ataupun ingin bekerja di Jerman itu membutuhkan sertifikat bahasa yang lebih tinggi, dibandingkan dengan syarat Aupair.
Biasanya untuk perkuliahan itu membutuhkan sertifikat bahasanya di level B2 ataupun C1, tergantung dari jurusan yang teman-teman pilih. Seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya, kalau kursus bahasa Jerman ini agak lama dibandingkan dengan yang di Indonesia. Jika ada keinginan untuk berkuliah di Jerman, akan lebih baik jika pada saat teman-teman masih di Indonesia bisa belajar bahasa Jermannya sampai level B1 untuk mempermudah pada saat di Jerman.
Satu hal yang perlu teman-teman ketahui kalau kuliah di Jerman selain membutuhkan sertifikat bahasa adalah harus ada uang deposit yang dibekukan. Untuk uang deposit ini sebetulnya bisa dicari alternatifnya dengan bernegosiasi langsung ke Gast Familie atau kalau teman-teman aktif bersosialisasi bisa mengajukan ke lembaga yang ada disana. Selain itu, kalau teman-teman mau mendapatkan beasiswa itu sangat bisa sekali. Di Jerman sendiri ada banyak sekali beasiswa yang tersedia. Kalau teman-teman mencari dari informasi dari Indonesia kan cukup terbatas. Akan tetapi, bila teman-teman sudah langsung di negaranya informasi yang teman-teman terima akan lebih cepat dan luas.
Ada banyak program alternatif lainnya yang bisa teman-teman ikuti setelah program Aupairnya selesai, yaitu program FSJ/BFD dan Ausbildung. FSJ/BFD merupakan program kerja sosial atau volunteer yang kontraknya hanya satu tahun dan biasanya bisa di-extend satu tahun lagi. Sementara, untuk program Ausbildung ini semacam program magang kerja atau pelatihan profesi yang kontraknya langsung 3 tahun. Program ini cocok bagi teman-teman yang ingin memiliki penghasilan lebih.
Eits tapi Setelah Aupair Jerman itu tidak hanya berkuliah ataupun mengikuti program FSJ/BFD saja, melainkan juga bisa bekerja. Biasanya bidang yang tersedia kalau teman-teman apply dari Indonesia itu hanya ada di bidang gastronomi dan juga perawat. Akan tetapi, jika teman-teman ingin berkarir di bidang yang lain, bisa melalui program Aupair Jerman ini. Lalu tidak banyak juga dari teman-teman yang Setelah Aupair Jerman mendapatkan pasangan dan menikah dengan orang yang ada disana.
Sooo, Setelah Aupair Jerman Selesai teman-teman tidak perlu khawatir. Karena akan ada banyak sekali peluang yang bisa teman-teman dapatkan. And then, tunggu apalagi ayo ikut program Aupair Jerman secepatnya! Bagi teman-teman yang bertanya-tanya mengenai gak enaknya Aupair Jerman itu apa bisa membuka artikel berikut ini. Culture Shock Aupair Jerman dan Cara Mengatasinya.