6 September 2023 2:23 pm

Persyaratan dan Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair.

Persyaratan dan Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair.
Sebelum kita mulai membahas Persyaratan dan Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair. Siahkan kamu baca terlebih dahulu artikel berikut, klik link disamping Pengertian Aupair Serta Hak dan Kewajiban
Mari kita bahas mengenai Persyaratan dan Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair. Mungkin banyak dari kamu semua yang bertanya tanya, Persyaratannya apa saja? Tahap yang dilalui apa saja? Pertama-tama kita akan membahas mengenai Persyaratan Aupair terlebih dahulu ya.
  1. Usia min 18-26th. Karena program Aupair ini dikhususkan bagi anak muda, maka dari itu ada batasan usia untuk bisa mengikuti Aupair yaa.
  2. Pendidikan terakhir SMK/SMA/PAKET C. untuk pendidikan terakhir mengikuti Aupair kamu tidak harus S1, karena dengan kamu Pendidikan Terakhir minimal Paket C saja kamu masih bisa loh untuk mengikuti Aupair.
  3. Memiliki sertifikat Bahasa Jerman min di level A2 untuk negara Jerman / Serifikat Bahasa Perancis min level A2 untuk negara Prancis. Ataupun menggunakan Bahasa Inggris Aktif untuk negara seperti, Belgia, Belanda, Swiss dan Austria.
  4. Harus menyukai anak anak. Jadi kamu akan memiliki tugas menjaga adik kamu.
Itu dia Persyaratan Aupair secara umum, sudah paham kan? Mari kita bahas mengenai Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair. Sebelum kamu menjadi Seorang Aupair ada beberapa tahapan yang kamu harus lalui seperti :
  1. Kursus Bahasa Jerman
Jadi, Tahapan Aupair yang pertama kamu harus lalui adalah Kursus Bahasa Jerman terlebih dahulu min di level A2 untuk ke negara Jerman. “Bahasa Jerman kan susah”. Bahasa Jerman tidaklah susah jika kamu memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk menguasai Bahasa Jerman serta tekad menjadi seorang Aupair. Kamu bisa kursus bahasa Jerman di Lembaga Kursus atau Agen Terpercaya yang ada di Indonesia supaya kamu bisa cepat dan memahami bahasa Jerman. Dengan belajar Bahasa Jerman kamu akan menambah bahasa yang kamu miliki serta mempunyai Value yang tinggi.
2. Ujian Sertifikat Bahasa Jerman
Saat kamu sudah menyelesaikan kursus Bahasa Jerman di level A2 maka step selanjutnya adalah ujian sertifikat bahasa Jerman di Lembaga yang diakui oleh Pemerintahan Jerman seperti, Goethe, ECL dan OSD. Pastikan sebelum kamu Ujian kamu harus mempersiapkan diri dan mengulas apa yang kamu pelajari sebelum nya, supaya hasil Ujian Bahasa akan memiliki nilai yang tinggi.
3. Perapihan Dokumen
Kamu perlu untuk Perapihan Dokumen terlebih dahulu sebelum kamu mencari Gast Familie di Jerman. Dokumen nya apa saja? Dokumen yang perlu kamu siapkan adalah :
  • Profil calon Aupair
  • Ijazah Terakhir
  • Akta Kelahiran
  • CV
  • Motivation Letter
  • Sertifikat Bahasa Jerman

4. Pencarian dan Interview dengan Keluarga Asuh ( Gast Familie )
Setelah dokumen kamu sudah rapi dan siap, maka dokumen kamu akan dikirim dan di berikan ke Agen di Jerman. Dan kamu akan melakukan interview dengan beberapa Gast Familie yang tertarik dengan profil kamu. Jika kamu memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan Gast Familie kamu, maka itu sangat diperbolehkan. Untuk proses interview ini tahapannya adalah match satu sama lain dari kamu sendiri maupun dari Gast Familie nya.
5. Pengurusan kontrak kerja Aupair
Pengurusan kontrak kerja Aupair dilakukan saat di Indonesia yaa, jadi saat kamu sudah berada di Jerman kamu tidak perlu pengurusan berkas maupun kontrak apapun.
6. Pembuatan VISA
Setelah kamu mendapatkan Gast Familie dan sudah mendapatkan kontrak Aupair, maka Tahapan Aupair selanjutnya adalah pembuatan VISA. Sebelum kamu membuat VISA, kamu harus sudah mempersiapkan diri kamu serta berkas yang akan diajukan saat pembuatan VISA nanti. Untuk proses pembuatan VISA memiliki estimasi waktu 2-4 minggu.
7. Keberangkatan
Ini adalah Tahapan terakhir Yang Dilalui Seorang Aupair. Saat VISA kamu sudah keluar maka kamu akan membooking tiket pesawat untuk ke negara Jerman dan kamu akan menjadi seorang Aupair di negara Jerman.
Itu adalah Persyaratan dan Tahapan Yang Dilalui Seorang Aupair.
Sudah jelas yaa tentang Pengertian, Hak & Kewajiban, Persyaratan, serta Tahapan Seorang Aupair. Menarik bukan, tunggu apalagi daftarkan diri kamu segera untuk merasakan menjadi seorang Aupair!