13 September 2023 4:02 pm

SISTEM KERJA DAN TAHAPAN MENGIKUTI AUSBILDUNG

SISTEM KERJA DAN TAHAPAN MENGIKUTI AUSBILDUNG

SISTEM KERJA AUSBILDUNG DAN TAHAPAN MENGIKUTI AUSBILDUNG

Pada artikel sebelumnya kita membahas Syarat dan Bidang - Bidang Ausbildung. Selanjutnya saya akan membahas Sistem Kerja Ausbildung Dan Tahapan Mengikuti Ausbildung.
Sistem kerja Ausbildung itu kan ada praktek dan sekolah jadi ada jamnya, nah normalnya dalam satu minggu peserta Ausbildung (Azubi) 3 hari praktek dan 2 hari sekolah atau ada juga yang sistem block 2 minggu praktek 2 minggu sekolah balik lagi tergantung dengan perusahaannya.
Berapa jam sih untuk sekolah dan praktek Ausbildung Perharinya ? Untuk jam praktek atau kerja selama 8 jam/hari dan untuk sekolah teorinya kurang lebih sekitar 6-7 jam/harinya ya teman-teman. Ga hanya itu saja teman-teman pasti banyak nanya juga Ausbildung praktek atau sekolahnya nanti gimana ? Ausbildung akan memulai belajar dari nol misal teman-teman ambil di bidang keperawatan berarti untuk sekolahnya teman-teman akan belajar seputar keperawatan selama 3 tahun misal belajar ilmu dasar keperawatan, Antropologi Kesehatan, Sains Kesehatan, dll. Untuk prakteknya sendiri akan disesuaikan dengan teori yang teman-teman pelajari.

Apa saja sih tahapan Ausbildung yang harus dilakukan ?
Nah sebelum kalian mengikuti Ausbildung tentunya kalian harus mengetahui tahapan-tahapan untuk mengikuti Ausbildung, berikut adalah Tahapan Mengikuti Ausbildung :
1. Mulai Kursus Bahasa Jerman
Untuk Ausbildung Jerman teman-teman harus bisa kemampuan bahasa Jerman, nah maka dari itu bagi kalian yang belum bisa bahasa Jerman kursus bahasanya kurang lebih sekitar 4-5 bulan. Teman-teman akan mulai kursus bahasa dari level A1 - B1 atau B2 (tergantung sama bidang yang diambil). Bagi teman-teman yang sudah punya sertifikat bahasa Jerman tidak perlu mengikuti les bahasa Jerman lagi ya.
2. Ujian Sertifikat Bahasa Jerman
Setelah teman-teman sudah belajar bahasa sampai level yang ditentukan, langkah selanjutnya yaitu teman-teman akan Ujian Sertifikat Bahasa Jerman di lembaga yang diakui oleh kedutaan, bisa di Goethe Institute, ECL, dan OSD. 3. Pengurusan DokumenSudah punya sertifikat bahasa Jerman tahap selanjutnya yaitu pengurusan dokumen seperti berkas CV, Surat Motivasi, Paspor, dan Translate dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, dan surat motivasi. Dokumen harus dirapikan agar mudah bagi perusahaan tertarik dengan si peserta.
4. Pencarian Perusahaan
Untuk pencarian perusahaan sendiri ini memakan waktu sekitar 3-4 bulan. Biasanya untuk bidang gastronomi seperti Perhotelan, Restaurant, Chef hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sementara untuk General membutuhkan waktu sekitar 4 bulan.
5. Interview Dengan Perusahaan
Sebelum Ausbildung di Jerman tentu kalian akan interview atau wawancara dari pihak perusahaan yang ada di Jerman, untuk interviewnya kurang lebih sama ya seperti interview kerja di Indonesia. Selain itu kalian akan membahas seputar kontrak kerja selama Ausbildung.
6. Mengurus Visa
Tahapan selanjutnya yaitu mengurus visa, untuk proses pembuatan visa ini sekitar empat minggu, dalam kasus-kasus tertentu bisa juga lebih lama. Sehingga ada baiknya untuk segera mengurus visa ketika sudah mendapatkan Vertrag (surat kontrak kerja) dari Perusahaan Ausbildung.
7. Keberangkatan ke Jerman
Setelah semua proses selesai moment yang paling ditunggu adalah berangkat ke Jerman, kalian bisa langsung berangkat ketika semua dokumen sudah dilengkapi dan memulai Ausbildung di Jerman.
Proses Ausbildung kurang lebih selama 10 sampai 12 bulan. Kenapa demikian ? karena prosesnya pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dan dari Jerman membuka pendaftaran Ausbildung hanya 2 kali dalam satu tahun yaitu di bulan Februari-Maret dan Agustus-September.
Jadi, gimana teman-teman sudah tahu kan gimana Sistem Kerja Ausbildung Dan Tahapan Mengikuti Ausbildung ? Yuk tunggu apalagi daftarkan diri kamu sekarang.
Pada artikel selanjutnya saya akan membahas Perbedaan Ausbildung Jerman dan Magang di Jepang klik link untuk ke artikel selanjutnya