-
-
-
-
-
-
-

All About Ausbildung

-
Ada yang punya perasaan sama ga sih kayak Minje? Setelah lulus, Minje bingung mau langsung kerja atau lanjut sekolah lagi. Pengen langsung kerja tapi ngerasa kurang pengalaman dan pemahaman. Pengen lanjut sekolah lagi tapi maunya ga cuma teori doang. Kalo kata anak gaul mah Galau gituuu.
Nah... bagi kamu yang punya perasaan sama kaya Minje, Minje bisikin sini. di YAIJ ada program yang cocok nih, namanya Ausbildung, untuk lebih jelasnya los geht's kita bahas...
-
-

1. Apa Itu Ausbildung


Ausbildung adalah sebuah program sekolah profesi yang biasa dikenal sebagai magang. Peserta ausbildung biasa disebut Azubi. Selama mengikuti program, azubi akan bekerja di perusahaan dan akan belajar di sekolah yang disebut Berufschule. Detailnya, azubi akan belajar teori yang terkait bidang pekerjaannya di berufschule dan mempraktekkanya di perusahaan, jadi antara pekerjaan dan apa yang dipelajari di sekolah saling berhubungan.
Tapi eh tapi, Jangan samain magang di Jerman sama dengan magang di Indonesia. Jelas berbeda. Tanggung jawab yang diembankan ke azubi hampir sama besarnya dengan pekerja disana. Bisa kebayangkan gimana tekanannya?. Masyarakat Jerman terkenal Disiplin, cepat, tepat waktu dan juga perfectionist. Tenang, jangan dulu minder. Kita pasti bisa kok, kita cuma belum terbiasa aja. Kalo kata eyang Habibie mah kita tuh sama pintarnya, sama hebatnya dari orang-orang luar, jadi ga usah meresa rendah diri. Gimana, udah tertarik? yuk daftarkan dirimu disini...

2. Durasi Program


Program Ausbildung berlangsung selama 3 tahun. Di akhir program, azubi wajib mengikuti ujian akhir yang terdiri dari ujian teori dan ujian praktek dari:

  1. Pihak Berufsschule
  2. Pihak Perusahaan tempat praktek
  3. Pihak Ausbildungbetrieb / kantor khusus yang mengurusi Ausbildung di Jerman

Tujuan dari program Ausbildung adalah untuk memberikan Pendidikan Pelatihan Profesi kepada pemuda-pemudi diluar Jerman tentang bagaimana menjalani kehidupan dan Etos kerja di Jerman. Sehingga mereka dapat menjadi tenaga ahli, dan siap bersaing di dunia kerja di negara manapun.
-

3. Hak dan Kewajiban Azubi

Hak azubi :
  1. Disiapkan tempat tinggal
  2. Mendapatkan makan ketika jam kerja
  3. Mendapatkan asuransi kesehatan
  4. Mendapatkan gaji
Kewajiban azubi :
  1. Mengikuti jam kerja yang telah ditetapkan, yaitu bekerja selama 8 jam dalam sehari atau sekolah selama 6-8 jam dalam sehari
  2. Lulus ujian akhir

4. Keuntungan Mengikuti Ausbildung


Banyak keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu ikut program ausbildung. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:

1. Gaji
azubi akan mendapatkan gaji setiap bulannya. biasanya range gaji brutto tahun pertama mulai dari 650 Euro/bulan dan akan ada kenaikan sebesar 10% tiap tahunnya.

2. Sertifikat Keahlian bertaraf Internasional
Di akhir program, azubi wajib mengikuti ujian, dimana apabila kita lulus dari ujian tersebut kita akan mendapat sertifikat keahlian yang bisa digunakan bukan hanya di Jerman, tetapi juga dinegara-negara lainnya.

-
3. Pergaulan Internasional
Azubi akan mempunyai banyak teman yang berasal dari berbagai negara, baik teman di perusahaan ataupun teman di Berufsschule.

4. Cuti dan Libur
Dalam satu minggu, azubi akan mendapatkan 2 hari libur. Dan dalam setahun, azubi akan mendapat cuti sebanyak 4 minggu dalam setahun. Selama masa cuti, perusahaan akan tetap menggaji kamu, keren ga tuh? kita ambil cuti buat liburan, tapi tetep digaji.
5. Mental dan Mandiri
Kerja di Jerman tentunya banyak cobaannya. Selain homesick, kamu juga akan belajar bekerja sesuai dengan Etos kerja disana. Semua cobaan itu akan membentuk mental kita dan meningkatkan kemandirian kita.

6. Lingkungan Kerja di Jerman
Azubi dapat merasakan secara langsung lingkungan dan dunia kerja di Jerman, bagaimana atmosfer kerja disana, dan masih banyak lainnya.

7. Visa Schengen
Visa bagi para azubi yang dikeluarkan oleh kedutaan adalah visa Schengen. Visa Schengen bisa digunakan untuk menjelajahi 22 negara Uni Eropa tanpa perlu membuat visa lain lagi. Jadi bisa menjelajahi Eropa tanpa worry dehh

8. Jenjang Karir
Setelah akhir program, azubi memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai pekerja tetap di perusahaan jerman atau melanjutkan ke tahapan pendidikan selanjutnya yaitu Weiterbildung


-

5. Bidang Ausbildung

-
Hotel
Hotelfach Mann / Frau
-
Restaurant
Restaurantfach Mann / Frau
-
Chef
Koch / Köchin
-
Medical
Krankenschwester, Physican Assistant & Altenpflege
-
Technic
Engineer, IT, Automotive, & Electrical
-
General
Administration, Sales, & Marketing
-

6. Syarat Ausbildung

-
Program Ausbildung tidak menyaratkan batas pendidikan bagi calon pesertanya. Siapapun bisa mengikuti program ini. Beberapa persyaratan untuk mengikuti program ini adalah :
  1. Usia minimal 18 tahun
  2. Tidak berkerudung bagi perempuan
  3. Sertifikat bahasa Jerman di level B1 untuk bidang Hotel, Restaurant, serta Chef. Sedangkan untuk bidang Medical, Technic, serta General.
  4. Berkomitmen bekerja minimal 3 tahun di Jerman.
Setelah membaca semua ulasan tadi, makin yakin pengen ikut program ini kan? Atau kamu pengen tau lebih banyak lagi? konsultasikan saja dulu dengan agen konsultan kami secara gratis. Daftarkan dirimu disini...

Keuntungan Ausbildung Melalui YAIJ

YAIJ bekerjasama dengan perwakilan perusahaan di Jerman
Layanan penjemputan dari bandara/ stasiun ke mess di Jakarta
Free tempat tinggal selama pelatihan bahasa di Indonesia
Pelatihan bahasa yang superintensif bersama guru-guru yang kompeten
Layanan persiapan, pendaftaran, dan simulasi ujian Goethe
Jaminan lulus ujian Goethe
Layanan Pembuatan profil serta CV
Layanan pengisian formulir Visa, dan penyusunan berkas dari Kedubes Jerman
Layanan pencarian Betrieb dan pengiriman berkas aplikasi ke perwakilan perusahaan di Jerman
Layanan simulasi dan konsultasi interview dengan Betrieb
Pendampingan selama mengikuti program Ausbildung
Layanan pencarian betrieb baru apabila terjadi masalah dengan pihak betrieb.
Alamat
087750395846
yaij.solusi.int@gmail.com
Jl. Desa Putra No.1 Rt.7 Rw.05, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 12640
Social Media
@2024 YAIJ Inc.